Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Agu 2018 15:03 WIB

Mau Berkarir Jadi Stuntman? Ini Syaratnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna/detikcom Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Menjadi pemeran pengganti alias stuntman bukan perkara mudah. Ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi.

Pendiri Stunt Fighter Community (SFC) Deswyn Pesik mengatakan mental pemberani menjadi syarat utama menjadi stuntman. Sebab, banyak risiko yang mesti dihadapi.

"Kalau menurut saya mental dulu karena melakukan adegan. Harus siap untuk melakukan adegan tekniknya, kita harus kuasai. Saya rasa itu saja," kata dia kepada detikFinance, Senin (20/8/2018).

Dia menjelaskan, stuntman sendiri terdiri dari beberapa kategori. Ada yang khusus untuk peran pengganti adegan perkelahian, kebut-kebutan motor atau mobil, hingga adegan melompat dari ketinggian.

Komunitas Deswyn sendiri fokus pada stuntman untuk adegan perkelahian. Jadi, salah satu syaratnya ialah mampu bela diri.


"Kalau kita SFC harus bisa bela diri. Jadi kita memang untuk technical fighting," ungkapnya.

Dalam bekerja, Deswyn biasanya mendapat penawaran dari rumah-rumah produksi film. Tapi, tak jarang dirinya juga menawarkan ke rumah produksi.

Lebih lanjut, pada praktiknya Deswyn akan menentukan stuntman sesuai dengan tingkatan kesulitan adegan maupun pengalamannya.


"Dan kalau misalnya ada adegan berbahaya kita lihat juga, dia pernah lakukan hal itu atau belum, kalau belum kita pilih stuntman yang berpengalaman," tutupnya. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed