Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Agu 2018 15:44 WIB

Risiko Besar, Segini Gaji Stuntman di RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Detikcom Foto: Detikcom
Jakarta - Pemeran pengganti alias stuntman biasanya menjalankan aksi yang berbahaya. Sehingga, sudah sewajarnya jika stuntman memiliki penghasilan yang besar.

Lantas, berapa sih honor stuntman di Indonesia?

"Kecil, tergantung kebijakan PH (production house) berbeda-beda, tergantung distribusinya apakah sinetron, iklan atau film itu beda-beda," kata Pendiri Stunt Fighter Community (SFC) Deswyn Pesik kepada detikFinance, Senin (20/8/2018).

Secara berurutan, Deswyn mengatakan, iklan biasanya memberikan penawaran paling tinggi. Honor yang diterima stuntman untuk iklan antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per hari.


"Biasanya paling tinggi iklan karena biasanya ditangani profesional mereka melakukan talent profesional, baru film, baru sinetron," ujarnya.

"Iklan bisa Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta," tambahnya.

Sementara, untuk film biasanya honor yang diterima sekitar Rp 1 juta. Honor untuk film lebih rendah karena pembuatan film durasinya cenderung panjang.

"Kalau film kelihatannya besar, tapi kalau produksinya memakan waktu 2 minggu, biasanya kecil," ungkapnya.


Lalu, untuk sinetron berada di kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu. Deswyn menambahkan, harga tersebut bisa saja jatuh karena stuntman lain biasanya menawarkan harga jauh lebih rendah.

"Ada lagi pesaing stuntman, ini baru masih junior lah, beberapa kali tawarkan, mereka kejar untuk pengalaman, mereka jatuhkan harga," tutupnya. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed