Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Agu 2018 15:54 WIB

Zulkifli Sebut Cicilan Utang 7 Kali Lipat Dana Desa, Benarkah?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyoroti soal utang pemerintah dan kemampuan pemerintah dalam mencicil utang tersebut.

"Rp 400 triliun di 2018 itu setara 7 kali dana desa, 6 kali anggaran kesehatan. Itu sudah di luar batas kewajaran dan batas negara untuk membayar," kata Zulkifli dalam tudingannya yang disampaikan beberapa waktu lalu.



Lantas, benar kah tudingan Zulkifli tersebut?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjawab pernyataan tersebut dengan data. Jawaban tersebut diunggah dalam akun media sosial Facebook miliknya pagi ini, Senin (20/8/2018).

"Di tahun 2019 anggaran kesehatan meningkat menjadi Rp 122 triliun," kata Sri Mulyani dalam paparannya tersebut.

Bila dibandingkan dengan besaran cicilan utang pemerintah tahun 2019 yang sebesar Rp 396 triliun, maka nilai cicilan tersebut hanya sekitar 3 kali dari anggaran kesehatan. Bukan 6 kali lipat seperti yang disampaikan Zulkifli.



Sementara, besaran dana desa untuk tahun 2019, menurut data Kementerian Keuangan adalah Rp 85 triliun. Artinya, besaran cicilan utang adalah 4,6 kali dari besaran dana desa di 2019.

Lagi-lagi, berbeda dengan tudingan Zulkifli yang menyebut besaran cicilan utang 2019 adalah 7 kali besaran alokasi dana desa. (dna/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed