ADVERTISEMENT

Jack Ma Mau ke Asian Games, Sekalian Tengok Bisnisnya di RI?

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 31 Agu 2018 14:46 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Pendiri Alibaba Jack Ma akan menyambangi Indonesia pada awal September mendatang. Kedatangannya tersebut dalam rangka memenuhi undangan penutupan gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Kehadiran Jack Ma merupakan bentuk apreasiasi Alibaba Group atas Asian Games 2018. Selain itu menjadi bentuk dukungan untuk Asian Games 2022 yang akan berlangsung di daerah kelahirannya, Hangzhou, China.

Namun, Jack Ma itu bukan merupakan sosok yang asing di sektor bisnis tanah air. Sebab, dia telah ditunjuk sebagai penasihat e-Commerce Indonesia.

Jack Ma juga punya memiliki banyak bisnis di Indonesia meskipun tidak secara langsung. Bisa jadi, kedatangannya juga untuk menengok bisnisnya.


Melalui perusahaan Alibaba, Jack Ma melakukan investasi senilai US$ 1,1 miliar ke Tokopedia, salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia. Hal itu pun menjadikan Alibaba Group sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia.

Investasi yang dilakukan itu pun untuk memperkuat ekspansinya di kawasan Asia Tenggara. Jack Ma pun kemudian lewat Alibaba menambah investasi US$ 2 miliar ke Lazada per Maret 2018.

Jika dicatat, Jack Ma telah menanamkan sekitar US$ 4 miliar ke Lazada jika dihitung sejak dua tahun belakangan. Pada 2016, Alibaba berhasil mengambil alih Lazada dengan investasi awal sebanyak US$ 1 miliar.


Lalu, pada 2017, Alibaba menyuntik dana sebesar US$ 1 miliar. Hal tersebut dilakukan untuk menambah kepemilikan saham di Lazada dari yang sebelumnya 51% menjadi 83%.

Sebelum masuk ke e-commerce dalam negeri, Alibaba pun sudah masuk ke Indonesia melalui unit bisnis yang menaungi UCWeb dan anak-anaknya seperti UCNews dan UCBrowser.

Alibaba juga sempat dikabarikan siap menyuntikkan dana segar ke Go-Jek Indonesia. Namun, hal tersebut belum diketahui kabar kelanjutannya.


Saksikan juga video 'Jack Ma Akan Hadiri Penutupan Asian Games 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT