Senyum Jack Ma dan Pesan untuk Indonesia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 03 Sep 2018 08:46 WIB
3.

Saran Jack Ma

Senyum Jack Ma dan Pesan untuk Indonesia
Foto: INASGOC/Irwin Fedriansyah

Dalam pertemuan, Jack Ma memberikan saran kepada pemerintah, dalam hal ini diwakilkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Kominfo Rudiantara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam itu membahas tentang roadmap ecommerce dan industry 4.0. Selain itu Jack Ma juga memberikan saran kepada RI untuk mengembangkan bisnis.

"Jadi pak Jack Ma itu sangat yakin bahwa bisnis ke depan adalah small bisnis dengan internet dan e-commerce oleh karena itu kita disarankan mempersiapkan betul dan encourage usaha kecil untuk mulai masuk ke internet," kata Darmin di Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Dia mengungkapkan perusahaan besar di kawasan timur tidak terlalu banyak dan banyak perusahaan kecil yang harus dikembangkan.

Ketua kamar dagang dan industri (Kadin) Industri Rosan P Roeslani menjelaskan Jack Ma memberi nasihat agar perusahaan besar harus lebih fleksibel dari perusahaan kecil. Menurut Rosan ini agar tercipta kesinambungan.

Selain itu Rosan menambahkan Jack Ma juga memberikan pesan yang harus diperhatikan oleh Indonesia adalah industri blockchain dan cloud computing.

"Ini harus diperhatikan, karena perubahan teknologi seperti blockchain dan cloud computing ini sangat penting," jelas dia.