Senyum Jack Ma dan Pesan untuk Indonesia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 03 Sep 2018 08:46 WIB
4.

Bahas Inklusi Keuangan

Senyum Jack Ma dan Pesan untuk Indonesia
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance

Jack Ma menjelaskan pertemuan tersebut membahas banyak hal termasuk inklusi keuangan.

"Kami juga diskusi tentang bagaimana bisa memperbaiki bisnis e-commerce. Kami juga bicarakan isu penting seperti inklusi keuangan dan kaitannya dengan internet," kata Jack Ma di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (2/8/2018).

Dia menjelaskan dalam pertemuan juga membahas tentang industri keuangan dan teknologi. Selain itu juga ada pembahasan terkait revolusi industri 4.0.

"Saya rasa pak Menteri (Kominfo) berpikir tentang revolusi industri 4.0. Itu harus dimulai sejak saat ini dan ini pertemuan yang sangat bagus," ujar dia.

Ketua kamar dagang dan industri (Kadin) Industri Rosan P Roeslani menjelaskan Jack Ma memberi nasihat agar perusahaan besar harus lebih fleksibel dari perusahaan kecil. Menurut Rosan ini agar tercipta kesinambungan.

Selain itu Rosan menambahkan Jack Ma juga memberikan pesan yang harus diperhatikan oleh Indonesia adalah industri blockchain dan cloud computing.

"Ini harus diperhatikan, karena perubahan teknologi seperti blockchain dan cloud computing ini sangat penting," jelas dia.