Darmin Panggil Menperin dan Kepala BKPM, Bahas Investasi Hyundai

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 03 Sep 2018 10:33 WIB
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pagi ini menggelar rapat bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan Kepala BKPM Thomas Lembong. Rapat itu membahas rencana investasi PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) di Indonesia.

Pantauan detikFinance, Airlangga tiba di lokasi hampir bersamaan dengan Thomas. Dengan menggunakan mobil dinasnya, Airlangga datang terlebih dahulu pada pukul 09.25 WIB dan disusul oleh Thomas beberapa menit kemudian.

Begitu tiba di lokasi, keduanya langsung memasuki ruang rapat dan menggunakan lift. Mereka belum memberi keterangan lebih lanjut mengenai agenda rapat.

Berdasarkan agenda Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin akan memimpin rapat pada pukul 09.00 di ruang rapat mahakam, gedung Ali Wardhan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (3/9/2018).


Sebagai informasi, PT HMI rencananya akan berinvestasi di Indonesia. Hal itu dilakukan agar perusahaan asal Korea Selatan itu tidak kalah dari perusahaan China yang telah berinvestasi terlebih dahulu di Indonesia.

Hal tersebut dipaparkan Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk Korsel, Jongkie D Sugiarto beberapa waktu lalu. Tapi tak dipaparkan secara detail terkait kapan dan jumlah investasi Hyundai nantinya.

"Di sini kami diskusi. Pasar Indonesia itu besar, pelajari saja kalau memang perlu. China saja sampai berani investasi sampai USD 700 juta, masak mereka nggak berani padahal sudah duluan masuk Indonesia. Ya seperti itulah, kami kompor-kompori," papar Jongkie

(fdl/fdl)