Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Sep 2018 11:51 WIB

Penurunan Harga Telur sampai Tiket Pesawat Bikin Agustus Deflasi

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat deflasi Agustus 2018 sebesar 0,05%. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, catatan itu dipicu adanya penurunan harga telur hingga harga tiket pesawat udara.

"Agustus 2018 terjadi deflasi 0,05% terutama dipengaruhi harga telur ayam, kedua bawang merah, ketiga tarif angkutan udara," kata Suhariyanto, di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018).



Dia mengatakan, penurunan harga komoditas pangan memberikan andil yang cukup besar karena pengaruhnya yang bisa dikatakan langsung ke kehidupan masyarakat.

"Bahan makanan deflasi 1,10% andilnya deflasi 0,24%. secara umum harga makanan penurunan," lanjut dia.



Untuk komoditas telur ayam misalnya, sambung dia, penurunan harga terjadi di 62 kota IHK, andilnya ke inflasi 0,06%. Kemudian bawang merah juga mencatat deflasi dengan andil 0,05% ke deflasi Agustus. Penurunan harga bawang merah di 75 kota IHK tertinggi di Lhokseumawe dan Merauke 21%.

"Kemudian beberapa komoditas makanan memberikan andil ke deflasi antaranya harga daging ayam ras, cabai merah. Harga sayur-sayuran kentang tomat memberikan andil sebesar 0,01%. Agustus deflasi bahan makanan dan bagus sehingga andilnya ke deflasi 0,24%," tandas dia.



Saksikan juga video 'Jokowi: Inflasi Bisa Kita Kendalikan, Ekspor Juga Baik':

[Gambas:Video 20detik]

Penurunan Harga Telur sampai Tiket Pesawat Bikin Agustus Deflasi
(dna/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com