Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Sep 2018 14:35 WIB

Bisnis & Komunitas

Meski Jadul, Harga Mainan Ini Bisa Tembus Jutaan Rupiah Lho

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Mainan-mainan seharga jutaan rupiah yang satu ini bisa membawa generasi 90an bernostalgia dengan masa kecilnya.

Seperti yang ada di pameran mainan Battle Of The Toys (BOTT) di Jakarta International Expo atau JIExpo Kemayoran, Jakarta, pemburu mainan bisa menemukan mainan-mainan jadul yang diproduksi tahun 1990an.

Adalah UTD Toys yang menjual mainan-mainan jadul era 1990an. Di stand tersebut tersedia robot-robotan keluaran Bandai yang diproduksi pada tahun 1990an. Penjualnya, Edwin mendapatkan mainan tersebut dari lelang yang bukan barang baru.

"Yang dijual di sini, dari tahun 1990an semua, dapatnya dari lelangan," kata dia kepada detikFinance di standnya, Minggu (9/9/2018).



Meski jadul dan merupakan barang second, mainan yang dia jual harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Yang paling mahal ada di kisaran harga Rp 3,5 juta. Sementara yang paling murah Rp 350 ribuan.

Kata Edwin, mainan-mainan jadul ini harganya mahal karena faktor umur. Semakin lama umur mainan maka akan semakin mahal.

"Dari harga Rp 450 ribu sampai Rp 3,5 juta. Banyak yang nyari kalau untuk ukuran klasik banyak, karena makin lama tahunnya harganya makin mahal," sebutnya.



Dia menjelaskan biasanya konsumen yang memburu mainan jadul ini berasal dari kalangan orang-orang tua. Kalau pun ada anak muda, biasanya mereka memang sudah mengikuti serial televisinya, mengingat mainan-mainan ini diadaptasi dari layar kaca.

"Kalau dia ikutin ininya (serial televisinya) bisa kalangan muda, atau tua, tapi kebanyakan orang orang yang sudah tua," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com