Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Sep 2018 15:40 WIB

Mau Kerja di Perusahaan Internasional? Begini Tipsnya

Fadhly Fauzi Rachman, Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi Pencari Kerja/Foto: Muhammad Idris Ilustrasi Pencari Kerja/Foto: Muhammad Idris
Jakarta -

Mencari pekerjaan adalah hal yang umum dilakukan bagi setiap orang, khususnya untuk para lulusan baru. Namun, mencari pekerjaan saat ini tak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi pekerjaan di perusahaan-perusahaan multinasional.

Lantas, bagaimana cara agar para pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar berkelas internasional?

Manager Sumber Daya Manusia dari Robert Walters Indonesia Rachmi Fauzie mengungkapkan bagaimana cara perusahaan berkelas internasional membidik kandidatnya dalam mencari sumber daya yang dibutuhkan.

Rachmi mengatakan, biasanya perusahaan-perusahaan internasional kerap membidik talenta lokal yang mahir dalam berbahasa asing. Selain itu, kemampuan dalam penguasaan teknologi juga menjadi penilaian penting yang harus dimiliki.

"Perusahaan lokal dan multinasional dengan potensi bisnis yang tinggi kini mencari kandidat lokal yang tak hanya mahir teknologi dan fasih dwi bahasa namun idealnya dengan pengalaman internasional," kata Rachmi dalam tulisannya yang berjudul "Mencari Talenta Berkualitas International untuk Perusahaan Go International" yang diterima detikFinance, Jakarta, Sabtu (11/9/2018).


Dalam survei yang dilakukan terhadap lebih dari 5.000 profesional human rekruitmen dari berbagai negara, setidaknya ada sekitar 57% perusahaan lokal yang setuju bahwa merekrut kandidat internasional dengan pengalaman lokal dan internasional sangat penting untuk memperluas bisnis secara internasional.

"Selama 12 bulan terakhir, perusahaan lokal menyatakan bahwa mereka telah merekrut kandidat lokal dengan pengalaman bekerja di perusahaan multinasional Barat (69%) dan kandidat lokal dengan pengalaman kerja di luar negeri (62%)" jelasnya.

Dalam tulisannya, Rachmi menjelaskan, bahwa 82% perusahaan lokal menyatakan kesulitan dalam merekrut kandidat dengan pengalaman kerja di perusahaan multinasional. Salah satu alasannya ialah faktor gaji. Oleh sebab itu, hal ini bisa menjadi daya tawar bagi pekerja lokal maupun pekerja baru dalam memanfaatkan kesempatan.

"Salah satu alasan utamanya adalah karena kandidat yang mengharapkan gaji jauh lebih tinggi daripada anggaran yang dialokasikan. Tantangan ini perlu disikapi dengan bijaksana oleh perusahaan lokal," jelasnya.

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com