Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Sep 2018 19:35 WIB

Ini 4 Langkah Kementan Stabilkan Harga Beras Nasional

Rizki Ati Hulwa - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan sidak ke Pasar Kramat Jati dan Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta untuk memastikan stok beras nasional aman. Amran menjabarkan 4 langkah ke depan untuk stabilkan harga beras nasional.

"Pertama, kita akan masifkan operasi pasar yang akan dilakukan Bulog di seluruh Indonesia. Kedua, menurunkan harga operasi pasar dari Rp 8.900 - Rp 8.750 menjadi Rp 8.200 - Rp 8.500," ungkap Amran, Jumat (14/9/2018).


Ketiga, lanjut Amran dengan memotong rantai pasok beras melalui langkah Bulog yang mengirimkan beras langsung ke pasar-pasar. Keempat, operasi pasar akan langsung dilakukan di kampung-kampung serta wilayah terpencil lainnya.

Selain empat langkah Kementan untuk menjaga stabilitas harga beras, Amran mengatakan perlu juga untuk menjaga petani tetap produktif. Khusunya di musim kemarau ini.


Untuk itu Kementan sudah bersinergi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk membangun infrastruktur pengairan. Bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Kemendes PDTT, Kementan memberi fasilitas embung, irigasi dan sumur.

"Kami juga telah mengirimkan puluhan ribu bantuan pompa air ke seluruh wilayah Indonesia," pungkas Amran. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed