Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Sep 2018 12:04 WIB

Banggar dan Pemerintah Mulai Perdalam RAPBN 2019

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) siang ini melakukan rapat kerja (raker) dengan tim panja asumsi dasar ekonomi makro tahun anggaran tahun 2019.

Pimpinan Rapat Banggar Azis Syamsuddin mengatakan, raker kali ini merupakan kelanjutan atas asumsi dasar yang telah disepakati oleh pemerintah dengan Komisi XI DPR beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan mekanisme telah dihadiri 16 dari 52 anggota dari 10 fraksi. Izinkan saya gunakan korum fraksi, izinkan saya membuka rapat ini dibuka dan terbuka untuk umum," kata Azis di ruang rapat Banggar DPR, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Azis mengatakan, sebelum masuk dalam pembahasan, pada asumsi dasar harus diambil keputusan terkait dengan jadwal raker tentang asumsi dasar ekonomi makro dengan tim panja.

"Bahwa berdasarkan surat dari pemerintah dalam hal ini Menkeu, Bappenas, BI, pada hari ini kami meminta persetujuan. Agenda ini masih tentatif masih bisa berubah," tambah dia.


Adapun, jadwal yang akan dibahas sampai Oktober nanti antara lain pendalaman asumsi dasar ekonomi makro, target pembangunan ekonomi, penerimaan pajak non migas, penerimaan migas, PNBP non migas, dan penerimaan BUMN.

Jika telah disepakati, jadwal tersebut menjadi pegangan anggota Banggar dan pemerintah tentang jadwal raker mengenai APBN tahun anggaran 2019.

Adapun asumsi dasar yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu:
- Pertumbuhan ekonomi 5,3%
- Inflasi 3,5%
- Suku bunga SPN 5,3%
- Harga minyak dunia US$ 70 per barel
- Lifting minyak 775 ribu barel per hari
- Lifting gas 1,25 juta barel setara minyak.

Sedangkan asumsi dasar target pembangunan ekonomi, yaitu:
- Pengangguran 4,8-5,2
- Kemiskinan 8,5-9,5
- Rasio gini 0,380-0,390
- Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 71,98

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed