Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Sep 2018 19:40 WIB

Sandi Bilang Tempe Setipis ATM, Mendag: Itu Keripik

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Sore ini Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengunjungi kawasan sentra produksi tahu dan tempe di kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

Dalam kunjungannya Mendag sempat berkomentar soal tanggapan bakal cawapres Sandiaga Uno yang menyebut harga sejumlah bahan pokok, salah satunya tempe, terus meningkat. Menurut Sandiaga, karena harganya meningkat, ukuran tempe saat ini setipis kartu ATM.

Mendag menjelaskan, memang tempe ada yang setipis kartu ATM. Namun tempe tersebut merupakan keripik tempe.

"Saya dengar sebelumnya tempe itu setebal kartu kredit. Memang betul tapi itu keripik tempe. Saya langsung telepon importir mereka bilang juga enggak naikkin harga," hal tersebut disampaikanya saat mengunjungi gudang Primer Koperasi Tempe Tahu Indonesia (Primkopti) Semanan, Jakarta Barat, Rabu (19/9/2018).



Siang tadi ketika Mendag tengah berkunjung ke pabrik olahan tahu dan tempe, detikFinance Mendag menjelaskan soal harga kedelai tidak naik dan kualitas tempe dan tahu tetap terjaga.

Ia juga mengatakan, ukuran dari tempe dan tahu juga masih tebal tidak seperti apa yang diberitakan soal ketebalannya berkurang.

"Pengusaha boleh untung tapi jangan ambil untung berlebihan dari rakyat. Saya titip ukuran jangan dikecil-kecilin karena harga kedelai tidak naik," kata dia.



Sebelumnya, bakal cawapres Sandiaga Uno menyebut harga sejumlah bahan pokok, salah satunya tempe, terus meningkat. Menurut Sandiaga, karena harganya meningkat, ukuran tempe saat ini setipis kartu ATM.

"Kita sangat khawatir, prihatin dengan keadaan ekonomi dan kita ingin menyuarakan aspirasi rakyat. Tempe katanya sekarang sudah dikecilkan dan tipisnya udah hampir sama dengan kartu ATM," kata Sandiaga, Jumat (7/9) lalu. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed