Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Sep 2018 12:26 WIB

Pesawat hingga Robot Buatan RI Mejeng di Kemayoran

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi/detikFinance Foto: Achmad Dwi/detikFinance
Jakarta - Berbagai teknologi karya anak bangsa di pamerkan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat mulai hari ini. Teknologi yang dipamerkan ini untuk meramaikan Bekraf Habibie Festival yang terselenggara mulai 20 hingga 23 September 2018.

Berdasarkan pantauan detikFinance, Kamis (20/9/2018), sejumlah stand peserta pameran terlihat begitu masuk di Hall D tempat berlangsungnya acara.

Di posisi paling depan, langsung tampak stand R80. R80 merupakan pesawat rancangan Presiden ke-3 BJ Habibie. Pesawat ini tengah dikembangkan oleh PT Regio Aviasi industri dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Pada stand R80, dipamerkan miniatur pesawat baling-baling buatan Habibie tersebut. Ada yang masih polos, ada juga yang sudah dihiasai dengan nama-nama maskapai seperti Nam Air, Kalstar, Trigana Air, dan Aviastar.


Meninggalkan stand R80, pengunjung akan menemukan stand lain seperti stand PTDI dan stand PT Pindad. Tak jauh beda dengan R80, stand PTDI juga menampilkan berbagai miniatur pesawat buatan perusahaan pelat merah tersebut. Sementara, PT Pindad menampilkan beberapa senjata seperti pistol, senapan laras panjang, dan peluru-pelurunya.

Ke stand lain, terlihat juga rancangan kendaraan listrik yang dikembangkan oleh sejumlah mahasiswa. Selain itu, pengujung juga akan melihat berbagai platform aplikasi yang dipamerkan.

Pameran ini tidak melulu hanya menampilkan teknologi yang tengah dikembangkan, namun ada juga stand yang menawarkan kursus robot. Salah satunya ialah Robota Robotics School. Kursus robot berasal dari Solo ini menawarkan kursus pembuatan robot yang ditujukan untuk anak usia dini hingga dewasa.

Tempat kursus ini memamerkan hasil dari siswa binaannya berupa tempat sampah otomatis yang bisa membuka dan menutup sendiri.


Lebih lanjut, pameran ini dibuka oleh Presiden ke-3 BJ Habibie. Sayang, Habibie tidak hadir langsung karena sakit. Habibie membuka acara melalui rekaman video yang diputar oleh panitia.

Dalam sambutannya, Habibie mengatakan, adanya pameran ini diharapkan agar masyarakat mengenal karya-karya anak bangsa sendiri.

"Jadi, aktivitas ini, teknologi, agar supaya masyarakat tahu apa kemampuan rakyatnya sendiri," ujar Habibie dalam video tersebut.


Saksikan juga video 'Membongkar Kecanggihan Pesawat R80 Karya BJ Habibie':


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com