Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Sep 2018 10:03 WIB

#CrazyRichSurabayan Tukar US$ 50 Juta ke Rupiah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok. BI Foto: Dok. BI
FOKUS BERITA #CrazyRichSurabayan
Jakarta - Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha Jawa Timur (Forkas Jatim) menukar dolar AS menjadi rupiah. Ini dilakukan untuk membantu meningkatkan pasokan dolar AS di dalam negeri.

Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur Difi A Johansyah menjelaskan dalam kegiatan ini pihaknya sekadar memfasilitasi penukaran mata uang tersebut. Para orang kaya Surabaya mendukung pemerintah untuk menjaga kestabilan ekonomi.

"Dolar AS nya ditukar ke bank bukan ke BI. Tapi tujuannya sekaligus stabilisasi nilai tukar karena melemahnya nilai tukar rupiah cukup memberatkan beberapa eksportir khususnya eksportir pengolahan yang menggunakan bahan baku impor seperti sepatu dan farmasi," kata Difi dalam keterangannya, Jumat (21/9/2018).

Difi mengungkapkan kegiatan ini diharapkan bisa mendorong penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS. "Khusus gerakan ini mereka maksudkan agar bisa menular dan ditiru oleh pengusaha di daerah lain," tambah dia.


Acara simbolis penukaran tersebut dilakukan di Hotel Majapahit Surabaya. Acara ini bertajuk Jawa Timur bersatu menguatkan Rupiah. Himpunan pengusaha ini secara simbolis menukarkan US$ 50 juta dolar AS ke Rupiah. Nilai itu setara dengan Rp 741 miliar (kurs Rp 14.800).

Ketua Umum Forkas Nur Cahyudi mengatakan penukaran secara simbolis ini semata-mata demi kemajuan dan kelancaran industri di Jawa Timur dan Indonesia.

Forkas adalah himpunan pengusaha yang terdiri dari 37 asosiasi sektoral dengan kurang lebih 1.000 perusahaan anggota yang tergabung di dalamnya.

(kil/fdl)
FOKUS BERITA #CrazyRichSurabayan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed