Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Sep 2018 11:55 WIB

Perang Dagang AS vs China Makin Panas, Serangan Baru Diluncurkan

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Nadia Permatasari/Infografis Foto: Nadia Permatasari/Infografis
Jakarta - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China semakin memanas. Kedua negara kembali melancarkan serangan baru.

Melansir, CNN, Senin (24/9/2018), pemerintah AS kemarin malam memutuskan untuk kembali menetapkan bea masuk 10% untuk produk-produk asal China yang nilainya mencapai US$ 200 miliar. Produk itu mencakup ribuan produk mulai dari penyedap makanan, sarung tangan baseball, hingga suku cadang mesin industri.

Serangan itu kemudian di balas oleh pemerintah China dengan mengenakan bea masuk baru sekitar 5-10% untuk barang dari AS seperti daging, bahan kimia, pakaian hingga suku cadang mobil yang nilainya mencapai US$ 60 miliar.

Gelombang tarif baru Presiden Donald Trump di China kini berlaku untuk lebih dari US$ 250 miliar barang-barang China. Memang sekitar setengah dari jumlah produk yang dijual China masuk ke Amerika Serikat.

Putaran terakhir mempengaruhi ribuan produk yang dibeli oleh konsumen AS, termasuk ratusan juta dolar furnitur dan impor elektronik. Tarif AS yang dikenakan pada awal tahun ini kebanyakan mengenai barang-barang industri.


Langkah-langkah tersebut dimaksudkan untuk menghukum China. Presiden AS Donald Trump menuding China melakukan praktik perdagangan yang tidak adil, seperti pencurian kekayaan intelektual.

Beijing telah menolak pernyataan AS, mereka menuding Amerika Serikat melakukan proteksionisme dan bullying. Mereka telah membalas dengan tarif atas barang-barang Amerika senilai lebih dari $ 110 miliar.

Putaran terakhir tarif AS akan meningkat pada akhir tahun dari 10% menjadi 25%. Trump juga mengancam tarif untuk produk-produk China lainnya senilai US$ 267 miliar. Sementara total untuk di 2017 sekitar US$ 506 miliar.




Saksikan juga video 'Ketegangan Perang Dagang AS-China, Beijing Balas Naikkan Tarif':

[Gambas:Video 20detik]

(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed