Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Sep 2018 13:56 WIB

Gabung ke Timses Jokowi, Ini Profil Ketum Kadin dan HIPMI

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani saat bertemu KH Maruf Amin/Foto: Dok. Kadin Indonesia Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani saat bertemu KH Ma'ruf Amin/Foto: Dok. Kadin Indonesia
Jakarta - Ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, dan Ketum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Bahlil Lahadalia, masuk daftar Timses Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Keduanya disebut bakal menjadi kekuatan baru dalam tim kampanye Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Siapa Rosan Roeslani dan Bahlil Lahadalia? Rosan Roeslani adalah salah satu pengusaha nasional. Pria dengan nama lengkap Rosan Perkasa Roeslani itu lahir di Jakarta, 31 Desember 1968. Rosan masuk deretan orang kaya ke-88 di Indonesia versi Globe Asia, total kekayaannya sekitar US$ 450 juta.


Dirangkum beberapa sumber, kekayaan Rosan diperoleh dari berbagai sektor usaha lewat bendera Recapital Group. Recapital mengelola manajemen aset keuangan dan investasi. Bisnis Recapital juga merambah sektor-sektor lain seperti pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media dan komunikasi.

Recapital sempat mengelola Acuatico Group dalam penyediaan dan distribusi air bersih, sebelum dilepas ke Salim Group. Recapital memiliki Grandkemang Hotel di kawasan elit Jakarta, Losari Spa Retreat-Coffee Plantation Hotel di Jawa Tengah, serta dua resort di Bali, yaitu The Edge Villa di Uluwatu dan The Hill Resort di Ubud. Properti teranyarnya adalah Pulau Karang Beras di Kepulauan Seribu, Jakarta.


Sepak terjangnya di dunia usaha menjadi bekal Rosan meraih pucuk pimpinan Kadin Indonesia. Rosan terpilih menjadi ketua umum Kadin Indonesia periode 2015-2020 setelah mengalahkan mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel pada Musyawarah Nasional (Munas) Kadin ke VII pada 22-24 November 2015 di Bandung.

Bagaimana dengan Bahlil? Bahlil merupakan pengusaha muda yang sukses di bisnis perdagangan kayu. Bahlil merupakan CEO PT Rifa Capital yang cabangnya ada di berbagai pulau di Indonesia. Seperti Kalimantan Sulawesi dan Papua.


Sebelum jadi pengusaha, pria kelahiran Fakfak, Papua, 7 Agustus 1976 ini pernah menjadi tukang kue keliling, kuli pasar, kondektur, hingga sopir angkot. Sepak terjangnya di dunia bisnis mengantarnya meraih posisi Ketua Umum HIPMI dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-15 Desember 2015.



Saksikan juga video 'Catat! Timses Jokowi Komitmen Tak Akan Black Campaign':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com