Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Sep 2018 18:03 WIB

RI Impor Ikan Makarel, Ini Negara Asalnya

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan industri ikan di dalam negeri, Indonesia masih harus mengimpor berbagai jenis ikan dari beberapa negara. Beberapa di antaranya yaitu dari Oman, Tiongkok, Jepang sampai Pakistan.

Hal tersebut dijelaskan Ketua Bidang Perikanan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Thomas Darmawan.

"Sekarang kan kita banyak impor ikan sarden dan makarel untuk ikan kaleng kan. Itu kan diimpor dari Oman, Tiongkok, Jepang dan Pakistan" ujarnya kepada detikFinance, Selaa (25/9/2018).

Ia menjelaskan, meski Indonesia memiliki lautan yang luas dan jenis tangkapan ikan yang lengkap, jumlah untuk setiap jenisnya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan industri.


"Masalahnya ikan di kita itu lengkap dan beragam, hanya saja jumlahnya sedikit sedikit," katanya.

Thomas mengatakan, beberapa ikan juga yang diolah untuk dikonsumsi juga tidak hidup di lautan Indonesia, sehingga kebutuhan akan ikan perlu disuplai dari negara lain.

"Karena perubahan iklim, jadi ikan impor untuk diolah itu harus tetap hidup,"jelas dia.

Sebagai informasi, realisasi produksi budidaya perikanan di sepanjang 2017 mencapai 16.165.069 ton. Realisasi produksi ini mengalami kenaikan 31% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Rincian realisasi produksi perikanan budidaya tahun lalu meliputi, udang 555.138 ton, ikan 7.429.787 ton, dan rumput laut 8.180.144 ton. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed