Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 29 Sep 2018 19:30 WIB

Sri Mulyani Siapkan Rp 560 M untuk Gempa dan Tsunami Sulteng

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: dok. istimewa/BNPB Foto: dok. istimewa/BNPB
Jakarta - Pemerintah sedang memproses permintaan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB untuk penanganan gempa hingga tsunami di Sulawesi Tengah sebesar Rp 560 miliar.

Demikian diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/9/2018).

"Kita permintaan dari BNPB sekitar hampir Rp 560 miliar. Kita proses hari ini. Supaya bisa dicairkan sesegera mingkin hari Senin atau bahkan kalo besok memungkinkan dari perbankan itu adalah sebagai BNPB bisa langsung melakukan operasi," kata Sri Mulyani.

"Sumbernya dari BNPB kami ada untuk di dalam anggarannya sendiri maupun pos cadangan untuk bencana. Kalaupun ini masih September dan kita sudah banyak keluarkan (anggaran), kita akan lihat realokasi dari bendahara umum negara," tuturnya.



Sri Mulyani mengatakan, pemerintah saat ini terus memantau segala kebutuhan korban bencana di lokasi. Dia bilang pemerintah akan semaksimal mungkim menolong masyarakat korban gempa.

"Jadi ini adalah masa emergency. Bantu masyarakat agar korban seminimal mungkin atau mereka yang sakit karena rumah sakit, dan lainnya, nanti kita lihat assesmen dari kerusakannya," katanya.

Saat ini, kata Sri Mulyani, berbagai tim dari TNI, BNPB, hingga Polri diturunkan untuk melakukan operasi kemanusiaan. Pemerintah pun mendukung aksi itu semua demi kemanusiaan.

"Ini kan tidak direncanakan, segala sesuatu yang mendesak kita akan tambahkan dari sisi Pos BNPB sehingga mereka bisa jalankan," tuturnya.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com