Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Okt 2018 16:34 WIB

Terminal Bandara Palu Rusak, Warga Tunggu Pesawat di Pinggir Landasan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pengungsi Palu (Foto: Trio Hamdani/detikFinance) Foto: Pengungsi Palu (Foto: Trio Hamdani/detikFinance)
Pslu - Warga Palu ramai-ramai memilih meninggalkan daerahnya pasca gempa dan tsunami. Sejak pagi hingga siang, antrean masih cukup ramai memadati area di dekat pinggir landasan pacu.

Pantauan detikFinance, di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Selasa (2/10/2018) antrean masih lumayan padat hingga 12.00 WITA. Lantaran, kondisi terminal bandara rusak akibat bencana alam tersebut, warga menunggu di dekat pinggir landasan.

Para pengungsi yang menunggu pesawat terdiri dari anak-anak hingga orangtua. Mereka menunggu sambil berteduh di bawah jembatan penghubung bandara dengan pesawat.

Salah satu warga Palu yang menunggu untuk diangkut pesawat, Sri (50) mengatakan dia sudah menunggu sejak malam sebelumnya. Dia akan mengungsi bersama suaminya Nur Kasim, dan anaknya Siti Muawanah (12) ke Makassar.


"Mau ngungsi ke Makassar. (Sudah nunggu) dari semalam, tidur di sini," katanya kepada detikFinance.

Namun kondisi calon penumpang yang hendak mengungsi pada siang ini sudah berkurang dibandingkan pagi. Dewi (39) mengatakan saat pagi antrean jauh lebih panjang. Dia ikut antre untuk mengantarkan anaknya mengungsi ke Makassar. Dia antre sejak pukul 06.00 WITA.

Namun hingga pukul 12.00 WITA dia belum mendapatkan kesempatan diangkut oleh pesawat menuju lokasi pengungsian.

Foto: Pengungsi Palu (Foto: Trio Hamdani/detikFinance)


"Iya belum berangkat karena sudah antre di sana dari pintu masuk setengah mati, panjang, lolosnya jam 8 (pagi) baru bisa masuk," tambahnya.

Sementara kondisi bandara sendiri, yang terlihat memang dalam kondisi rusak, di mana tembok-tembok retak, dan langit-langit bangunan rubuh. Selain itu dinding-dinding kaca juga ada yang pecah. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed