Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Okt 2018 14:58 WIB

MenPAN-RB Blak-blakan Pembukaan Lowongan CPNS Jelang Pilpres

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ada yang menilai langkah pemerintah dalam membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebagai kebijakan populis. Hal ini lantaran pembukaan lowongan dilakukan jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin pun menjelaskan, sejatinya pembukaan lowongan CPNS telah menjadi agenda nasional. Dia bilang, pembukaan lowongan ini telah direncanakan dalam lima tahun sebelumnya.

"Saya rasa apa yang dilakukan tentang rekrutmen PNS dalam waktu dekat, adalah sebuah agenda, agenda nasional, untuk program nasional lima tahunan, yang sudah direncanakan lima tahun sebelumnya," kata Syafruddin di kantornya dalam Blak-blakan bersama detikFinance, Kamis (4/10/2018).

Menurutnya, pembukaan lowongan ini telah direncanakan sebelum pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemudian, pembukaan baru direalisasikan berdasarkan kemampuan pembiayaan dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN).


"Jadi namanya menetapkan program lima tahunan, tentu ditetapkan pada lima tahun sebelumnya. Realisasi daripada program itu tentu ditentukan berdasarkan anggaran, APBN," ujarnya.

Lebih dari itu, kata dia, seharusnya pemerintah sudah melakukan pembukaan lebih awal. Namun, lanjutnya, karena kesiapan teknis akhirnya pembukaan baru bisa dilakukan sekarang ini.

"Penerimaan CPNS ini, memang tahun anggarannya tahun ini. Ini malah lewat sebenarnya, bukan karena urusan-urusan lain. Lewat, waktunya sudah lewat. Kita sudah dikejar dengan waktu, ini waktunya sempit. Karena masalah-masalah perencanaan, masalah tataran teknis tentu," katanya.

"Jadi salah satu itu. Kita, mindset kita mari kita putar, bahwa semua apa yang dilakukan oleh negara itu pasti kepentingan negara. Jangan kita berpikir (ini) kepentingan orang per orang, atau kelompok-kelompok," tutupnya.




Tonton juga 'Blak-blakan MenPAN-RB soal Lowongan CPNS 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed