Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 07 Okt 2018 20:01 WIB

Sri Mulyani Bawa Ide 'Asuransi' Terumbu Karang ke Pertemuan IMF-WB

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Foto: Istimewa/Bank Indonesia Foto: Istimewa/Bank Indonesia
Bali - Memulai rangkaian pertemuan, para petinggi IMF-World Bank bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja melakukan penanaman terumbu karang di kawasan Nusa Dua, Bali. Penanaman terumbu karang ini sebagai aksi nyata cinta lingkungan dan bagian dari rencana pembuatan Taman Terumbu Karang Nusa Dua.

Isu lingkungan memang menjadi salah satu isu yang dibahas dalam rangkaian pertemuan tahunan IMF-World Bank. Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan perlindungan terumbu karang bakal dibawa ke forum internasional tersebut.

"60 persen jenis spesies terumbu karang ada di Indonesia dari keseluruhan terumbu karang di dunia, atau yang terbesar di dunia. Kita harus mulai memikirkan sebuah bentuk perlindungan, dan akan saya bawa ke Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 Bali. Karena ini bukan hanya milik Indonesia akan tetapi milik dunia yang harus kita lindungi bersama untuk generasi mendatang," ujar Sri Mulyani saat acara, Minggu (7/10/2018).


Sri Mulyani juga memastikan pemerintah bakal mendiskusikan kebijakan keuangan untuk melindungi lingkungan hidup di ajang pertemuan internasional tersebut. Dia menambahkan terpantik gagasan untuk memberikan asuransi demi menjaga kelestarian terumbu karang.

"Kita akan diskusikan ini sebagai asuransi terhadap aset dunia karena terumbu karang ini bukan saja milik Indonesia. Kita juga harus mulai memikirkan untuk merubah perilaku dan gaya hidup untuk tidak memperburuk keadaan terumbu karang tersebut," terangnya.


Di lokasi yang sama, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan kegiatan penanaman terumbu karang ini juga sebagai komitmen pemerintah untuk melestarikan lingkungan khususnya biota laut.



Simak video Sri Mulyani: Persiapan Pertemuan IMF-World Bank Sudah 94%

[Gambas:Video 20detik]

(ams/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed