Follow detikFinance
Jumat, 12 Okt 2018 19:31 WIB

Tayangkan Serial 'Game of Thrones', Berapa Pendapatan HBO?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto/detikcom Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Serial Game of Thrones mulai ditayangkan oleh HBO pada tahun 2011. Saat ini tengah menjadi pembicaraan lantaran dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggambarkan kondisi dunia yang tengah diliputi perang dagang.

Bicara soal Game of Thrones yang tayang di HBO, berapa pendapatan yang diterima oleh stasiun asal Amerika Serikat (AS) tersebut?

Menurut Forbes, titik puncak penonton serial tersebut terjadi di season keenam di mana jumlah penonton tercatat sebanyak 8,9 juta orang. Bahkan, serial tersebut juga diperbincangkan di twitter hingga 2,4 juta tweet.


Adapun berkat ketenaran serial tersebut, HBO mencatat memiliki lebih dari 2 juta pelanggan yang 23%-nya merupakan penonton Game of Thrones.

Dari sistem langganan itu, HBO mendapatkan pendapatan hingga US$ 1,6 miliar dan US$ 583 untuk pendapatan operasional selama kuartal pertama 2017.

Analis Utama Amobee atau perusahaan pemasaran, Jonathan Cohen mengatakan serial Game of Thrones sangat berdampak besar dalam perkembangan bisnis di HBO. Sebab, di setiap harinya selalu ada penonton yang ingin melihat serial tersebut.

"Dampak Game of Thrones secara real-time sangat besar. Akan ada masih jutaan pemirsa yang ingin melihat episode baru lanjutan ketika tersedia," jelas Jonathan seperti dikutip detikFinance, Jumat (12/10/2018).


Sebagai informasi, Game of Thrones menjadi perbincangan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan istilah dalam serial tersebut dalam sambutannya di pertemuan IMF-WB di Bali. Ia mengibaratkan kondisi ekonomi global dengan istilah 'winter is coming'.

Artinya, negara-negara maju saat ini sedang memperebutkan posisi untuk menjadi yang terkuat seperti halnya dalam serial Game of Thrones. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed