Follow detikFinance
Jumat, 12 Okt 2018 21:50 WIB

Indonesia Makin Melek Ekonomi Digital, Ini Datanya

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Nusa Dua - Dengan jumlah populasi yang besar, Indonesia mengalami laju pertumbuhan ekonomi digital yang tinggi. Hal ini ditandai dengan munculnya perusahaan-perusahaan startup yang valuasinya bahkan di atas US$ 1 miliar. Perusahaan-perusahaan tersebut berserak di sektor transportasi online, e-commerce, fintech, hingga agen travel.

Selain itu, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital juga ditandai dengan melonjaknya transaksi online. Termasuk pelaku perbankan yang mulai bergeser berebut pangsa yang masih sangat besar, seiring dengan tingginya penetrasi internet dan gadget.

Foto: Dok. Kementerian BUMN

Dari data analisis Ernst & Young, pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40%. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Tahun 2020, volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai US$ 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50%.

Dari sisi pengguna jagad media sosial saja, Indonesia menduduki peringkat keempat terbesar sebagai pengguna Facebook secara global, dan terbanyak di Asia Pasifik untuk Instagram. Semakin meleknya masyarakat Indonesia pada teknologi, khususnya kalangan muda, mendorong fitech semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun yang menembus 240%. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed