Follow detikFinance
Minggu, 14 Okt 2018 17:18 WIB

Lewat Maraton Jakarta-Bandung, BNI Bantu Himpun Dana Abadi untuk ITB

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Dok. BNI Foto: Dok. BNI
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Arcandra Tahar berpartisipasi dalam kompetisi BNI ITB Ultra Marathon 2018 dengan menjadi peserta lari dalam kategori 10K dan 5K pada Minggu (14/10/2018) pagi.

Lomba lari ini menjadi momentum bagi seluruh civitas akademika Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mencintai kampusnya dengan menginvestasikan uangnya pada produk reksadana yang khusus didesain untuk menghimpun Endowment Fund pengembangan ITB ke depan.

Ini juga kesempatan langka bagi masyarakat untuk memperoleh produk uang elektronik yang khusus diproduksi BNI dalam meramaikan kompetisi lari spektakuler ini, yaitu Kartu TapCash Edisi BNI ITB Ultra Marathon 2018.

Pada kesempatan ini, BNI membantu ITB dalam menghimpun, mengelola, dan mengembangkan endowment fund (dana lestari), karena sebagai perguruan tinggi berbadan hukum, ITB harus lebih mandiri dalam mencari sumber pendanaan sendiri.

Endowment fund ini dikumpulkan dari civitas akademika ITB khususnya para alumni dan anthusias ITB. Endowment fund yang dikembangkan bersama antara BNI dan ITB berbentuk Reksa Dana yang diberi nama Reksa Dana ITB Harmoni BNI AM yang dikelola oleh PT BNI Asset Management yang merupakan perusahaan anak dari BNI.

"Sejak tahun 1968 BNI ada di ITB. Merupakan suatu kebanggaan bagi BNI dapat menjadi bagian dari ITB Ultra Marathon," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dalam keterangan tertulisnya.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi ini menuturkan, reksadana ini dikelola oleh salah satu perusahaan anak BNI yaitu BNI Asset Management (BNI-AM), sehingga diberi nama Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM.

BNI-AM telah bekerja sama dengan ITB selama 1 tahun dalam mengelola Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM. Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM ini merupakan Reksa Dana jenis Pendapatan Tetap yang diterbitkan dengan tujuan untuk mendapatkan bunga dan apresiasi nilai pokok dengan aset dasar minimum 80% pada efek bersifat Utang yang diterbitkan di Indonesia dan maksimum 20% pada instrumen Pasar Uang dan/atau Deposito.

Cara pembelian Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM adalah melalui Agen Penjual Reksa Dana BNI-AM, baik di perusahaan sekuritas, cabang Bank BNI, maupun Agen Penjual Online dengan harga mulai Rp 100.000 per unit penyertaan.

Sebagai informasi, investor dapat mengetahui kinerja Reksa Dana ini, melalui website di agen-agen penjual Reksa Dana maupun laporan NAB (Nilai Aktiva Bersih) yang dikirimkan oleh Bank Kustodian secara reguler. Sebagian imbal hasil investasi tersebut akan dialokasikan untuk mengembangkan Dana Lestari ITB.

"Saat ini komposisi investor yang berinvestasi di Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM terdiri atas komunitas alumni ITB dan investor institusi BNI-AM. Kami berharap semua mahasiswa dan seluruh alumni serta civitas akademika ITB lainnya dapat turut berinvestasi demi kemajuan ITB karena imbal hasil investasi Reksa Dana ini dapat digunakan untuk pengembangan kampus baik untuk riset, beasiswa, pengembangan sarana, maupun prasarana kampus," ujar Direktur Utama BNI Asset Management Reita Farianti.

Student Lounge di ITB

Bersamaan dengan acara ini, BNI juga menyerahkan bantuan kepada ITB yaitu BNI Student Lounge. Harapannya ini dapat menjadi tempat diskusi bagi para mahasiswa.

"BNI merenovasi salah satu area di Fakultas Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB menjadi BNI Student Lounge. Area ini dapat digunakan oleh para milenial untuk berinteraksi dan berdiskusi. Di area yang berkapasitas hingga 50 orang ini, mahasiswa juga dapat mengakses informasi terkini dari fakultas termasuk informasi finansial," tambah Susi.

Untuk mendukung para milenial ini, BNI menyiapkan 4.250 Kartu TapCash edisi khusus BNI ITB Ultramarathon 2018 yang juga dapat digunakan para pelari untuk bertransaksi, baik selama acara Flag Off berlangsung di Kantor pusat BNI, acara Finish di Kampus ITB, maupun setelah Kompetisi ini selesai.

Lewat Maraton Jakarta-Bandung, BNI Bantu Himpun Dana Abadi untuk ITBFoto: Dok. BNI

Tentang Kompetisi

Lomba lari BNI ITB Ultra Marathon 2018 menempuh jalur Jakarta - Bandung sejauh 170 kilometer. Lomba ini tidak hanya dijalankan sebagai kampanye gaya hidup sehat melainkan juga sebagai ajang perluasan literasi keuangan. Kompetisi ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan sebagai kolaborasi antara BNI, ITB, dan YSF.

BNI ITB Ultra Marathon Kedua ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat, baik dari kalangan umum maupun dari kalangan alumni ITB. Terdapat penambahan peserta yang signifikan dibandingkan tahun 2017. Sampai dengan saat ini tercatat lebih dari 2.000 peserta kategori Ultra Marathon dan Festival. Sementara itu, kategori fun run 5 K masih berlangsung pendaftarannya.

Kegiatan BNI ITB Ultra Marathon 170 Kilometer diselenggarakan untuk mengajak masyarakat umum berpartisipasi sebagai peserta dan juga menjadi athusiast ultra marathon, secara khusus untuk menggalang kepedulian dan rasa memiliki alumni ITB pada almamaternya.

BNI ITB Ultra Marathon ini, memiliki 3 kategori kegiatan yaitu Lomba (berhadiah), Festival dan Fun Run. Kategori lomba dibuka untuk ultra marathon yg berlari diatas 42 kilometer, sedangkan untuk kategori festival merupakan non ultra marathon yaitu pelari relay 4 dan seterusnya.

Sementara untuk Fun Run merupakan lari dengan jarak tempuh 5 Kilometer. Untuk kategori lomba, ada 2 jenis lomba yaitu Solo 170K Putra dan Putri serta Relay 2x85K Putra Putri. Untuk kategori festival, ada 3 jenis acara yaitu Relay 4 x 25 K, Relay 8 x 21K, dan Relay 16 x 10.7K

Sedangkan Fun Run 5 K diadakan untuk menyambut kedatangan para pelari ultra marathon, dan akan mengambil posisi start dari Jalan Ir. Soekarno, menuju Kampus ITB, Jalan Ganesha 10, Bandung. (ega/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed