ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Okt 2018 10:37 WIB

Berapa Harta Paul Allen, Pendiri Microsoft yang Meninggal Dunia?

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen meninggal dunia di usia 65 tahun karena penyakit kanker Limfoma non Hodgkin. Tak banyak yang tahu sosok sahabat Bill Gates yang bersama-sama membuat teknologi sistem komputer dunia ini.

Paul Allen juga termasuk salah satu orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Jika Bill Gates berada di urutan kedua orang paling tajir sejagat, Allen ada di posisi 21 di daftar tahun 2018 ini.

Allen memiliki kekayaan mencapai US$ 20,3 miliar atau sekitar Rp 304,5 triliun (Kurs Rp 15.000 per dolar AS).


Allen semasa hidupnya senang pada olahraga. Hal itu tercermin dari kepemilikan sahamnya di klub basket NBA Portland Trail Balzers, kemudian klub footbal Seattle Seahawks dan saham di klub sepakbola Seattle Sounders.

Paul Allen juga termasuk orang kaya yang dermawan. Dia sudah menyumbagkan US$ 2 miliar hartanya termasuk sebesar US$ 500 juta dana pendidikan untuk Allen Institute.

Pada tahun 1975, Allen bersama Gates mengembangkan software BASIC untuk komputer desktop Altair 8800. Tak cuma itu, keduanya sepakat mendirikan perusahaan yang menjadi cikal bakal Microsoft.


Sempat berteman akrab, Allen dan Gates di masa-masa awal berdirinya Microsoft jadi banyak bertengkar. Hingga akhirnya Allen meninggalkan Microsoft pada tahun 1983. Hubungan mereka membaik beberapa tahun belakangan.

Di awal Oktober ini, Allen mengungkap bahwa dia kembali dirawat karena kanker yang dulu pernah pula dideritanya pada tahun 2009. Kini, dia telah menghembuskan napas terakhir.




Tonton juga 'Pendiri Microsoft, Paul Allen Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com