Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Okt 2018 13:56 WIB

Minta Jokowi Setop Impor Gula, Petani Datangi Istana

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Para petani gula yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) siang ini memasuki istana negara. Mereka meminta pemerintah menghentikan impor gula karena stok dalam negeri yang berlebihan.

Dipantau detikFinance, unjuk rasa yang dilakukan APTRI dimulai sejak pukul 09.40 WIB. Kemudian, perwakilan sebanyak 10 orang memasuki istana negara sekitar pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan informasi, mereka akan bertemu dengan salah satu deputi dari Kantor Staf Presiden (KSP) untuk menyampaikan tuntutan tersebut.


Adapun, tuntutan yang disampaikan empat hal, yakni setop impor gula, membeli gula tani yang tidak laku, tindak tegas pelaku rembesan gula rafinasi ke pasar dan ganti menteri perdagangan.

Memasuki Istana Negara, 10 perwakilan tersebut memakai kaos #2018GantiMendag berlatar warna hitam. Hal itu dilakukan karena menganggap Mendag sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas impor gula.

"Ganti menteri perdagangan sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap banjirnya impor gula," kata Ketua Umum APTRI Soemitro Samadikoen di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).

Sebagai informasi, gula petani tidak laku karena banyaknya impor gula rafinasi yang masuk dan rembes ke pasaran. Bahkan angka surplus gula mencapai 2,4 juta ton.





Tonton juga 'Gara-gara Ini Petani Tebu Menjerit dan Harga Gula Melejit':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed