Follow detikFinance
Senin, 22 Okt 2018 18:56 WIB

Dana Kelurahan Rp 3 T Diambil dari Mana?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah berencana akan menyediakan anggaran untuk kelurahan tahun depan. Dana yang akan dianggarkan untuk dana desa ini sebesar Rp 3 triliun.

Dana kelurahan ini diusulkan pemerintah melalui Kementerian Keuangan masuk dalam postur APBN 2019. Pos anggarannya juga bukan dibuat baru, tapi diambil dari pos dana desa.

Dalam postur APBN 2019, Kementerian Keuangan mengusulkan dana desa dipangkas dari Rp 73 triliun menjadi Rp 70 triliun. Dana potongan itu dialihkan menjadi dana kelurahan.

Namun usulan dana kelurahan ini belum tentu masuk dalam APBN 2019. Pemerintah masih akan membahasnya dengan DPR RI sebelum disahkan.


Pemerintah mengusulkan pendanaan kelurahan itu akan diberikan khususnya kepada daerah yang kapasitas fiskalnya terbatas. Usulan ini masih akan dibahas dengan DPR.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan rencana pengalokasian dana kelurahan awalnya mencuat saat rapat pemerintah dengan walikota, pemerintah daerah dan DPR. Ada keluhan dari kelurahan di kabupaten yang mengeluhkan tak mendapatkan jatah dari dana desa.

"Dana desa yang sudah menginjak tahun keempat dan jumlahnya makin meningkat. Ada satu kabupaten yang bisa memiliki kelurahan dan desa. Desa mereka dapat, tapi kelurahan tidak dapat," terangnya di Gedung BPK, Jakarta, Senin (22/10/2018).


Hal itu menurut Sri Mulyani menimbulkan kecemburuan dari kelurahan terhadap pemerintahan desa lantaran tak mendapatkan anggaran. Sehingga muncul ide untuk menganggarkan dana kelurahan agar menciptakan harmonisasi di daerah.

"Menimbulkan satu tensi yang cukup nyata di berbagai tempat. Di mana untuk satu kabupaten yang sama desanya dapat anggaran langsung dari pemerintah pusat berupa dana desa, ementara kelurahan tidak dapat. Sehingga perlu kita menjaga suatu tensi itu, dari sisi harmoni antara pemeirntah-pemerintah di daerah," tambahnya. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed