Follow detikFinance
Rabu, 24 Okt 2018 10:49 WIB

4 Tahun Jokowi-JK

Mendes Sebut Dana Desa Kurangi Kemiskinan hingga 1,2 Juta Orang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: kemendes Foto: kemendes
Jakarta - Pemerintah menyatakan telah menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 180 triliun untuk dana desa dalam 4 tahun terakhir. Dana itu di antaranya digunakan untuk membangun infrastruktur desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, adanya dana desa mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

"Rp 180 triliun jadi apa saja, desa selama 4 tahun ini telah mampu membangun infrastruktur dasar untuk peningkatan kualitas hidup manusia di desa," kata Eko dalam acara 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (24/10/2018).


Dia menuturkan, imbas dari infrastruktur itu ialah menekan angka kemiskinan di desa. Setahun terakhir, kata Eko, jumlah orang miskin di desa berkurang 1,2 juta jiwa.

"Apa impact pembangunan infrastruktur, angka kemiskinan cukup signifikan dalam 4 tahun terakhir. Bahkan setahun terakhir ini di desa terjadi penurunan kemiskinan 1,2 juta orang, lebih dua kali lipat daripada di kota 580 ribu jiwa," ungkapnya.

Eko yakin, jika penurunan jumlah orang miskin berjalan dengan konsisten, maka jumlah orang miskin di desa akan lebih kecil daripada di kota.

"Kalau terus kita pertahankan, dalam 7 tahun ke depan jumlah orang miskin di desa lebih kecil dari di kota," tutupnya.






Tonton juga 'Dana Kelurahan Muncul Karena Adanya Kecemburuan soal Dana Desa':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed