Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 28 Okt 2018 21:28 WIB

Ridwan Kamil Bicara Ekonomi, Cebong dan Kampret di Depan Milenial

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Vino-detik)
Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebut Indonesia bisa menjadi negara-negara terhebat nomor 3 di dunia pada 2045. Namun potensi itu bisa buyar hanya karena tensi politik yang tinggi.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menerangkan, Indonesia bisa menjadi negara terhebat di dunia nomor 3 di 2045 jika pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya di atas 5%. Untuk itu dia berpesan khususnya kepada milenial agar tidak membeli produk-produk impor.

"Maka perbanyak beli produk lokal, supaya tidak tergantung dengan dolar. Perbanyak produk yang memiliki unsur rupiah," ujarnya dalam acara MilenialFest 90 Tahun Sumpah Pemuda di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu (28/10/2018).


Untuk syarat kedua, menurut Kang Emil perlu dipersiapkan generasi penerus agar bisa kompetitif. Para kaum milenial harus paham dalam hal komunikasi, teknologi digital hingga nilai kepemimpinan.

Terakhir kondisi politik harus kondusif. Sebab konflik politik hanya akan menguras tenaga, energi yang harusnya difokuskan unruk membangun RI jadi habis untuk kegiatan yang sama sekali tidak bermanfaat.

"Kalau setiap Pilkasa atau Pilpres berantem terus, kapan kerjanya?," sindirnya.


Dia mencontohkan seperti saat ini, ada dua kubu besar dari pendukung calon pasangan presiden dan wakilnya yang terus bersiteru. Sambil berkelakar dia berharap dua kubu itu bisa akur.

"Sekarang terbelah ini cebong ini kampret. Kalau bisa digabung saja, jadi cepret," candanya. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com