Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 30 Okt 2018 11:33 WIB

Pesan Pangeran Charles soal Masa Depan Laut Dunia

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Nusa Dua - Pangeran Charles dari Inggris menyoroti soal masalah sampah plastik hingga perubahan iklim di dunia. Pangeran Charles mengajak warga dunia untuk turun tangan mengatasi masalah tersebut.

Lewat video berdurasi sekitar sembilan menit yang diunggah di akun Youtube KKP News, Selasa (30/10/2018), Pangeran Charles manyoroti sejumlah masalah-masalah tentang kelautan. Dia juga mengapresiasi mantan Menlu Amerika Serikat John Kerry yang mendorong soal pelestarian laut.

"Terima kasih ke John Kerry yang telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan perjanjian-perjanjian kelautan," kata Charles.


Charles juga mengatakan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) juga memprediksi akan terjadinya peningkatan pemanasan global mencapai 1,5 derajat di masa depan. Pemanasan global tersebut bakal mempengaruhi ekosistem dan akan berpengaruh pada perubahan iklim.

"Sangat penting untuk segera menghentikan perdebatan dan segera mengkaji ulang langkah yang telah dilakukan, terima kasih untuk perkembangan pesat dalam pengetahuan alam dan teknologi sehingga kita tidak tahu dampak apa yang kita lakukan untuk laut tempat kita bersandar untuk sumber makanan, transportasi dan rekreasi," ujar Charles.

Charles juga menyebutkan sejumlah langkah untuk melindungi laut dari perubahan iklim dan polusi. Dia berharap warga dunia bisa bergerak untuk melakukan aksi nyata.

"Jika boleh saya sarankan hanya ada beberapa langkah untuk melindungi laut dari polusi dan perubahan iklim, yaitu kembali perangi kegiatan perikanan ilegal (IUU Fishing) yang merugikan banyak orang, mereka tidak punya tempat di laut kita, di pelabuhan bahkan di piring kita," katanya.

"Kedua kita harus melindungi daerah laut yang rentan dan berharga, dari target 10% laut yang dilindungi pada 2020, kurang dari 2 tahun deadline tersebut hanya sekitar 7% laut yang terlindungi. Kita harus melipatgandakan area laut yang harus dilindungi memenuhi target 2020 itu," sambungnya.


Di akhir videonya, Pangeran Charles mengingatkan laut adalah warisan bagi anak-cucu di masa depan. Dia berharap warga dunia bergerak nyata.

"Seperti yang anda tahu, saya baru saja memiliki cucu, mungkin anda juga mengalami hal yang sama, entah cucu atau anak. Bagaimana masalah ini diwariskan kepada anak-cucu tanpa kita mengambil langkah nyata mengatasi ini. Kita punya uang, kita semua punya solusi, tapi apakah kita punya niat dan tekad menjalankan misi ini (melindungi laut)?" pungkasnya.




Tonton juga 'Heboh Warga Inggris Soal Isu Pangeran Charles Gay':

[Gambas:Video 20detik]

(ams/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com