Sri Mulyani dan Tom Lembong Merapat ke Kantor Darmin, Bahas Apa?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Kamis, 01 Nov 2018 15:44 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Kepala BKPM Thomas Lembong sore ini mendatangi kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018). Mereka dijadwakan menggelar rapat koodinasi.

Pantauan detikFinance di lokasi, Lembong tiba di kantor Darmin sekitar pukul 14.50 WIB, disusul beberapa menit kemudian oleh Sri Mulyani. Begitu tiba mereka langsung masuk Ruang Rapat Mahakam di lantai 3 Kemenko Perekonomian.


Sri Mulyani mau pun Thomas Lembong belum memberi penjelasan soal rapat tersebut. Berdasarkan agenda dari Kementerian Keuangan, hanya ditulis bila mereka akan mengadakan rapat koordinasi.

Namun pada pukul 16.00 WIB nanti, mereka dijadwalkan akan menggelar konferensi pers mengenai tingkat kemudahan berusaha di Indonesia atau Ease of Doing Business (EoDB).

Diketahui, pagi ini World Bank atau Bank Dunia merilis indeks kemudahan berusaha (EODB) Indonesia. Peringkat kemudahan berusaha Indonesia turun ke peringkat 73 dibandingkan posisi tahun lalu di 72.


Peringkat kemudahan berusaha mencakup penilaian pada memulai usaha, izin pembangunan, pemasangan listrik, pendaftaran properti, mendapatkan pinjaman, hingga perpajakan.

Dalam laporannya, Bank Dunia merilis Indonesia mempermudah memulai usaha dengan menggabungkan pendaftaran beberapa jaminan sosial yang berbeda dan mengurangi biaya notaris di Jakarta dan Surabaya. (fdl/ara)