Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Nov 2018 17:25 WIB

Lebak Bulus ke HI Naik MRT, Kopaja, hingga Ojol, Murah Mana?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Mindra Purnomo Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tarif mass rapid transit atau moda raya terpadu (MRT) Jakarta dari Bundaran HI hingga Lebak Bulus nanti akan berkisar Rp 8.000-9.000.

Lantas, murah mana dibandingkan transportasi lainnya? Mari kita bandingkan.

Untuk mengetahui perbandingannya, detikFinance langsung mengecek tarif Go-Jek dan Grab dari titik keberangkatan dan tujuan yang sama. Pengecekan dilakukan, Selasa (6/11/2018) sekitar pukul 13.30 WIB.

Hasilnya, jika menggunakan Go-Ride dari Stasiun MRT Bunderan HI ke Stasiun MRT Lebak Bulus, tarifnya adalah Rp 35.000, sementara arah balik Rp 37.000.

Selanjutnya, menggunakan GrabBike dari Stasiun MRT Bunderan HI ke Stasiun MRT Lebak Bulus, tarifnya adalah Rp 37.000, sementara arah balik Rp 38.000.

detikFinance juga mencek tarif menggunakan Go-Car. Hasilnya, dari Stasiun MRT Bunderan HI ke Stasiun MRT Lebak Bulus dikenakan tarif Rp 84.000, sementara arah balik Rp 58.000.

Begitupun dengan menggunakan GrabCar. Hasilnya, dari Stasiun MRT Bunderan HI ke Stasiun MRT Lebak Bulus dikenakan tarif Rp 69.000, sementara arah balik Rp 59.000.


Bisa disimpulkan, tarif menggunakan ojek online dan taksi online lebih mahal dibandingkan MRT Jakarta. Namun masing-masing moda transportasi tersebut tentu memiliki keunggulan tersendiri. Pilihannya kembali ke masyarakat.

Angkutan Bus Kota

Alternatif lain menuju Lebak Bulus dari Bundaran HI adalah menggunakan angkutan umum konvensional. Pilihannya adalah Bus Kopaja dengan tarif saat ini Rp 4.000 baik jarak dekat maupun jauh.

Dari informasi yang diterima detikFinance dari salah satu kondektur Kopaja, penumpang bisa naik Kopaja P 19 Tanah Abang-Blok M-Cilandak. Titik keberangkatan dari Kawasan Bundaran HI berada tepat di depan Hotel Wisma Nusantara.


Jika menggunakan Kopaja, penumpang harus berganti bus di Blok M. Penumpang mesti berpindah ke Kopaja dengan nomor trayek S 615 dengan tujuan Lebak Bulus. Tarif S 615 juga dipatok Rp 4.000 sekali jalan.

Artinya, naik Kopaja dari Bundaran HI ke Lebak Bulus menelan biaya Rp 8.000, dengan satu kali ganti kendaraan. Tarif tersebut setara dengan MRT Jakarta yang disebut Jokowi bertarif Rp 8.000-9.000 saat beroperasi tahun depan.

Namun perlu dicatat juga, bahwa ini hanyalah simulasi kasar dari perbandingan tarif. Di mana, simulasi ini belum menghitung adanya tarif peak hours dari transportasi online. Selain itu, tarif MRT juga masih belum diputuskan secara resmi. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed