Follow detikFinance
Jumat, 09 Nov 2018 08:18 WIB

Biang Keladi Lulusan SMK Banyak yang Nganggur

Danang Sugianto - detikFinance
1 Kata Mendikbud soal Penyebab Lulusan SMK Banyak yang Menganggur
Halaman 2 dari 5
Foto: Usman Hadi/detikcom Foto: Usman Hadi/detikcom

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjelaskan, sejatinya angka TPT dari SMK dalam tren positif. tahun lalu TPT yang berasal dari SMK sebesar 11,41%, sementara tahun ini menjadi 11,24%.

"Jadi sebenarnya pengangguran di SMK turun, meskipun porsinya masih tinggi," ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9.

Menurut Muhadjir, masih banyaknya TPT lulusan SMK lantaran lulusan yang ada saat ini belum tersentuh upaya revitalisasi SMK yang dilakukan pemerintah. Revitalisasi SMK baru dilakukan pada awal 2017 setelah Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) dikeluarkan pada 9 September 2016.

"Jadi lulusan smk yang sekarang belum dapat sentuhan revitalisasi. Saya yakin lulusan smk 3-4 tahun kedepan diposisi yang tepat dan akan meningkat kualitasnya," tambahnya.

Sebelum adanya upaya revitalisasi itu, kaya Muhadjir, kondisi pendidikan SMK memang jauh dari kata sempurna. Bisa dilihat dari total SMK di Indonesia yang sekitar 14.000 SMK, hanya sekyar 3.500 yang merupakan SMK negeri, sisanya SMK swasta.

Sayangnya jumlah siswa SMK negeri jauh lebih banyak. Berbanding terbalik dengan SMK swasta yang sepi peminat. Hal itu menunjukan juga kualitas dari pendidikan SMK swasta tersebut.


(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed