Trump Dikabarkan akan Angkat Istri Bos WWE Jadi Mendag

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 11 Nov 2018 13:17 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ingin mencopot Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross pada akhir tahun ini. Isu ini berhembus dari orang terdekat Trump.

Melansir CNBC, Minggu (11/11/2018), sumber tersebut juga mengungkapkan bahwa Trump ingin menunjuk Linda McMahon untuk menggantikan peran Ross. Trump juga mempertimbangkan nama lainya yakni Ray Washburne, yang sebelumnya ditunjuk Trump sebagai presiden dan CEO Overseas Private Investment Corporation tahun lalu.

McMahon yang merupakan kepala Small Business Administration dan mantan CEO World Wrestling Entertainment (WWE), telah mengatakan kepada beberapa penasihat terdekat presiden bahwa dia kemungkinan akan mengambil pekerjaan itu jika benarny ditawarkan.

Meski begitu, keputusan itu belum secara resmi diambil oleh Trump. Dia masih bisa untuk berubah pikiran pada menit-menit terakhir.

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders tidak menyangkal bahwa McMahon telah menjadi pesaing utama untuk menggantikan Ross. "Tidak ada pengumuman personil saat ini," kata Sanders.

Pihak Small Business Administration juga tidak menyangkalnya. "Administrator McMahon dengan bangga bisa melayani Presiden dan fokus pada advokasi atas nama 30 juta usaha kecil Amerika," kata SBA dalam sebuah pernyataan kepada CNBC.



Sementara Washburne dan juru bicara Kementerian Perdagangan tidak membalas permintaan untuk berkomentar.

Politico yang pertama kali melaporkan bahwa McMahon kemungkinan besar dipilih untuk menggantikan Ross.

Ada laporan bahwa Ross tidak disukai oleh presiden. Namun, Ross terus mendukung agenda perdagangan presiden, terutama yang berkaitan dengan tarif bea masuk yang dia terapkan terhadap negara-negara yang secara historis merupakan sekutu AS. Dia juga pernah menjadi peran penting dalam pertarungan dagang Trump dengan Cina.

Koneksi Trump ke keluarga McMahon

Suami Linda McMahon, Vince McMahon adalah teman dekat Trump. Keduanya bermain dalam pertandingan gulat pada tahun 2007. Sebelum itu, Trump juga mensponsori dua acara gulat perusahaan Wrestlemania di Atlantic City selama akhir 1980-an. Trump diabadikan dalam WWE Hall of Fame, bersama dengan superstar seperti Hulk Hogan dan Andre the Giant.

Aliansi McMahon dan Trump kemudian meluas ke dunia politik.



Linda McMahon adalah donor utama untuk dua PAC super yang mendukung pencalonan presiden Trump, termasuk US$ 6 juta untuk kampanye Membangun Kembali Amerika Sekarang dan US$ 1 juta untuk Future45.

Vince McMahon memberikan lebih dari US$ 67.000 kepada Komite Nasional Partai Republik tahun itu.

Pada bulan Oktober, presiden menyumbangkan gaji kuartal kedua kepada Small Business Administration. "Dia jelas memahami nilai usaha kecil," kata McMahon tentang 30 juta UKM di AS. (das/zlf)