Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Nov 2018 15:00 WIB

Harga Beras Medium Tembus Rp 11.000/Kg Karena Stok Kurang

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Harga beras medium saat ini melonjak naik. Di pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, harga beras medium terpantau Rp 11.000/kg. Apa alasannya?

Seorang pedagang pasar bernama Amin menjelaskan, naiknya harga beras medium berbanding lurus dengan rendahnya pasokan beras jenis tersebut di pasar induk Cipinang.

"Dari Cipinang bilangnya stok kurang, jadi ya mungkin karena itu (stok) juga harganya naik," jelas Amin di Pasar Gondangdia, Senin (12/11/2018).


Dikarenakan musim kemarau yang telah berganti menjadi musim hujan juga dapat menjadi faktor berkurangnya stok yang ada di daerah.

"Ini kan udah masuk musim hujan, jadi bisa juga penyebab kurangnya (stok) itu," tambahnya.

Para pembeli di Pasar Gondangdia lebih memilih untuk membeli beras yang bagus. Namun ketika ada pembeli yang menanyakan beras termurah, pedagang akan menawarkan beras medium yang dijual.

"Kan disini belinya pada yang bagus, tapi kita juga stok (medium) buat jaga-jaga orang yang mau beli, tapi kan ini juga ramos tapi yang kualitas rendah makanya harganya segitu," ucapnya.


Ia berkata bahwa tidak betul-betul mengetahui mengapa stok beras medium di Cipinang berkurang. Sebab ia hanya membeli beras premium yang ada disana.

"Kita sih kurang tau soal itu (langka), kan kita kalo kesana juga belinya beras premium aja," tutupnya.




Tonton juga 'Stok Beras Surplus Tapi Harga Melonjak Naik, Ada Apa?':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com