Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Nov 2018 10:42 WIB

Ciptakan Spider-Man hingga Hulk, Berapa Harta Stan Lee?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Stan Lee as cameo (ist.) Foto: Stan Lee as cameo (ist.)
Jakarta - Pencipta para pahlawan super penyelamat dunia atau yang dikenal dengan sebutan Avengers, Stan Lee, meninggal di usia 95 tahun. Dia telah membantu mengubah Marvel dari sebuah penerbit kecil menjadi perusahaan media raksasa.

Stan Lee menciptakan banyak pahlawan super terkenal, termasuk Daredevil dan Spider-Man, bersama dengan seniman lainnya. Tidak hanya menciptakan banyak pahlawan super yang menyelamatkan dunia, ia juga muncul dalam film-film.

Namun demikian, meskipun telah menciptakan banyak superhero untuk perusahaan yang dijual ke Disney seharga US$ 4 miliar pada tahun 2014 lalu itu, kekayaan bersih Stan Lee ternyata tidak cukup mengejutkan seperti yang Anda bayangkan.

Menurut Celebrity Net Worth, kekayaan bersih Stan adalah sekitar US$ 50 juta (£ 36,4 juta) atau sekitar Rp 750 miliar (kurs Rp 15.000). Namun, dia dilaporkan memiliki gaji sebesar US$ 1 juta (£ 700.000) dari Marvel setiap tahun seumur hidupnya.

Meski jumlahnya sangat jauh jika dibandingkan harta orang-orang yang terdaftar dalam majalah Forbes, namun tidak semua seniman komik mampu mengumpulkan kekayaan luar biasa melalui karir mereka seperti yang dilakukan Stan Lee.

Mantan kepala Marvel Comics tersebut, sering ditanya berapa banyak yang dia dapatkan dari bertahun-tahun bersama perusahaan.

"Putriku sedang melihat internet di hari yang lain dan membaca bahwa Stan Lee memiliki harta sekitar US$ 250 juta. Maksud saya, itu konyol. Saya tidak punya US$ 200 juta. Saya tidak punya $ 150 juta. Saya tidak memiliki $ 100 juta atau mendekati itu," katanya seperti dikutip dari Daily Star, Selasa (13/11/2018).


Stan sering dibandingkan dengan orang-orang seperti pencipta Star Wars George Lucas, yang saat ini memiliki kekayaan bersih US$ 5 miliar (Forbes). Namun, Stan tidak berada di dekat jumlah itu.

"George Lucas melakukan semuanya sendiri. Dia datang dengan ide-ide itu. Dia menghasilkan film-film. Dia menulis dan mengarahkan mereka dan memegang hak atas merchandising. Itu semua miliknya," kata Stan Lee.

"Dalam kasus saya, saya bekerja untuk penerbit. Jika buku tidak terjual, penerbitnya bangkrut. Dan banyak penerbit yang bangkrut," tambahnya.

Dia menjelaskan, bekerja di Marvel sudah membuatnya cukup bahagia untuk mendapatkan gaji yang bagus dan diperlakukan dengan baik.


"Saya selalu mendapat nilai tertinggi. Jikapun Martin Goodman membayar penulis lain, setidaknya saya akan mendapatkan sebanyak itu juga," katanya.

"Saya tidak pernah bermimpi saya harus memiliki US$ 100 juta atau $ 250 juta atau berapa pun jumlahnya. Yang saya tahu adalah saya menciptakan banyak karakter dan menikmati pekerjaan yang saya lakukan," kata Stan.

Seperti diketahui, dengan bantuan dari pamannya, Stan menjadi penerbit buku komik pada tahun 1939 untuk Timely Comics, yang akhirnya menjadi Marvel. Kemudian, dia dipromosikan untuk menulis buku komik, dan diminta untuk membuat seri baru yang akan menyaingi Justice League of America milik DC Comic.

Stan datang dengan jagoan pertamanya, Fantastic Four, pada tahun 1960-an. Setelah meraih sukses besar, ia menjadi wajah Marvel Comics pada 1970-an.

Stan menciptakan banyak karakter fiksi, misalnya Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, dan X-Men bekerjasama dengan beberapa artis lain, termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko.

Dia bekerja di Marvel selama lebih dari 65 tahun sebagai kepala redaksi, dan kemudian penerbit dan ketua. Stan juga menjadi cameo di setiap film Marvel.



Tonton juga video: "Excelsior" Kata yang Sering Diucapkan Stan Lee, Apa Sih Artinya?

[Gambas:Video 20detik]

(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed