Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Nov 2018 12:35 WIB

Seleksi CPNS Tak Diulang, Menteri PANRB: Nggak Ada Uangnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Usman Hadi/detikcom Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta - Pemerintah akan menurunkan nilai ambang batas (passing grade) dikombinasikan perangkingan untuk mengatasi sedikitnya jumlah peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD). Pemerintah tidak melakukan ujian ulang untuk menjaring peserta karena tidak memiliki anggaran.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta, Rabu (14/11/2018).

"Diulang enggak ada uangnya, anggarannya," katanya singkat.

Syaruddin mengatakan, nantinya pemerintah akan mengeluarkan regulasi untuk mengakomodir penurunan passing grade dan perangkingan tersebut. Dia bilang, rencana itu masih digodok oleh panitia seleksi nasional (Panselnas).

"Nanti, hasil dari Panselnas nanti akan dijadikan Permen. Tapi bukan kita yang menggodok," ujarnya.



Sebelumnya, Syafruddin mengumumkan jumlah peserta yang telah mengikuti SKD CPNS 2018 per 12 November 2018 sebanyak 1,7 juta orang. Dari jumlah itu, hanya 128 ribu peserta yang dinyatakan lulus passing grade.

Syafruddin mengatakan hingga saat ini baru 60% peserta CPNS yang mengikuti tes SKD. Sementara persentase jumlah peserta yang memenuhi passing grade yang ditentukan cuma di 8% atau sekitar 128 ribu orang.

"Kira-kira 8%-an karena jumlahnya 128 ribu dari 1,7 juta lebih (yang tes SKD). Jadi 128 ribu yang lolos target (passing grade), bukan tes," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Syafruddin sendiri tak mau menyebut kalau mereka yang tak lulus passing grade sama dengan tak lulus tes CPNS. Artinya, ada kemungkinan bagi peserta yang tak memenuhi target atau nilai passing grade namun tetap dinyatakan lulus tes SKD.

"Di dalam perjalannya nggak sampai 10% yang memenuhi target, istilah saya bukan lolos atau lulus (tes), tetapi tidak memenuhi target passing grade 295 score-nya. Jadi yang memenuhi itu kurang dari 10%" jelasnya.




Tonton juga 'Soal Tes CPNS 2018 Bocor?':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed