Beras Impor Bulog Sudah Masuk 1,79 Juta ton?

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 15 Nov 2018 14:05 WIB
Foto: Muhammad Iqbal/detikcom
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejak Januari hingga Oktober 2018 beras impor yang masuk ke Indonesia sudah mencapai 2,13 juta ton.

Berdasarkan data BPS yang didapat detikFinance, Kamis (15/11/2018). Total beras impor yang sudah masuk ke tanah air itu termasuk yang dilakukan oleh Perum Bulog.

Dari data tersebut, hanya ada satu kategori beras yang masuk sebagai kriteria beras yang diimpor oleh Perum Bulog, di mana volumenya sudah mencapai 1,79 juta ton dari total beras impor yang masuk.

Sedangkan sisanya beras impor untuk beberapa kebutuhan, antara lain beras ketan, beras pecah untuk industri tepung.

Sekedar informasi, pemerintah menugaskan Bulog untuk mengimpor guna memastikan pasokan beras aman dan juga untuk mendorong harga beras di dalam negeri turun.


Pemerintah dalam rakortas pangan pun menyepakati membuka keran impor beras sebesar 2 juta ton. Beras yang diimpor pun berasal dari Vietnam, Thailand, Pakistan, dan India.

Angka impor beras yang mencapai 1,79 juta ton pun merupakan catatan BPS yang sudah masuk di Indonesia, bukan yang sudah masuk sampai gudang Perum Bulog.

Adapun, kontrak impor beras yang diberikan ke Perum Bulog berakhir pada 31 Oktober 2018. Dengan begitu, maka realisasi impor beras tidak terpenuhi.

(hek/ang)