Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Nov 2018 07:58 WIB

Bangun 'Markas Avengers' di Papua, Jokowi Simpan Mimpi RI 2085

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Dok. Ditjen Cipta Karya PUPR Foto: Dok. Ditjen Cipta Karya PUPR
Jakarta - Indonesia punya monumen baru di ujung timur Indonesia, tepatnya di Merauke, Papua. Sebuah monumen yang dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare (ha) dan menjadi ikon baru di timur Indonesia.

Namanya monumen kapsul waktu yang berisikan impian anak-anak Indonesia dari sabang sampai Merauke, dan nantinya akan dibuka kembali 70 tahun berikutnya atau tahun 2085. Ide pembangunan monumen untuk menyimpan Kapsul Waktu berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada HUT ke-70 Kemerdekaan Indonesia tahun 2015.

Setelah dibangun sejak tahun 2016, monumen ini pun akhirnya selesai dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (16/11) kemarin. Monumen ini menjadi buah bibir banyak orang karena bentuknya yang tidak asing.

Monumen tersebut berbentuk logo markas Avengers, kelompok superhero dari Marvel, jika dilihat dari atas. Monumen tersebut menjadi buah bibir lantaran bersinggungan dengan pidato Presiden Jokowi beberapa waktu lalu yang menyebut dirinya adalah bagian dari Avengers.

Bagaimana sejarah dibangunnya monumen ini hingga akhirnya kemarin diresmikan? Berikut ulasan lengkapnya: (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed