Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Nov 2018 19:00 WIB

Mendes Minta Bengkulu Kejar Ketertinggalan di Ultah ke-50

moch - detikFinance
Foto: kemendes PDTT Foto: kemendes PDTT
Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menghadiri Festival Pesisir Pantai Panjang yang merupakan rangkaian perayaan HUT ke-50 Provinsi Bengkulu. Di momen itu, Eko meminta agar Bengkulu tidak kalah maju dengan provinsi lain.

"Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-50 untuk Bengkulu. Mari kita jadikan momen ke-50 tahun ini sebagai momen untuk mengejar ketertinggalan Bengkulu dengan daerah lain," kata Eko dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/11/2018).


Eko mengatakan Provinsi Bengkulu memiliki kekayaan alam yang dapat menunjang percepatan pengembangan ekonomi. Ia berjanji bakal membantu pemerintah daerah setempat dalam pembangunan infrastruktur.

"Namun masih banyak infrastruktur yang kurang. Untuk itu saya akan bantu gubernur dan para bupati untuk bertemu dengan kementerian/lembaga terkait di Jakarta, agar kebutuhan konektivitas dan infrastruktur Bengkulu segera terbangun. Saya juga akan bantu mengomunikasikan dengan investor untuk membantu pascapanen di Bengkulu," paparnya.


Ia juga meminta gubernur dan para bupati Bengkulu mengarahkan kepala desanya agar mengalokasikan dana desa untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dinilai akan membantu mempercepat pengembangan ekonomi di Bengkulu.

"Pemda (Pemerintah Daerah) saya sarankan agar mengarahkan kepala desa supaya dana desa-nya mulai diberdayakan untuk ekonomi desanya, untuk BUMDes. Karena sudah banyak desa yang membayar pajaknya saja sudah lebih besar dari dana desanya," kata Eko.

Kemudian, Eko menyarankan agar seluruh BUMDes yang telah terbentuk menjadi cabang dari bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Selain untuk kepentingan bisnis BUMDes, skema tersebut juga akan membantu masyarakat dalam keterjangkauan perbankan di pedesaan.

"Jadi masyarakat kalau mau ke bank tidak perlu lagi ke kota. Cukup datang ke BUMDes-nya yang sudah bekerja sama dengan bank BUMN seperti BRI atau BNI," ujarnya.

Dalam rangkaian HUT Provinsi Bengkulu itu Mendes Eko sempat mengunjungi Ekspo Bengkulu, Ekspo Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan promosi Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Untuk mengetahui kabar desa dari Kemendes PDTT lainnya klik di sini. (mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed