Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Nov 2018 17:45 WIB

Pemerintah Kucurkan Dana Desa Rp 187 Triliun, Apa Hasilnya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah telah mengucurkan dana desa sekitar Rp 187 triliun dalam 4 tahun terakhir. Bersama program pemerintah lainnya, dana itu telah memberikan dampak kepada kehidupan masyarakat di desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, dana desa dan program pemerintah lainnya berhasil memangkas angka kemiskinan menjadi single digit. Angka tersebut pertama kalinya dalam sejarah Indonesia.

"Mengurangi kemiskinan cukup baik, tahun ini untuk pertama kali single digit 9,82%," kata Eko di Kampus STAN Tangerang Selatan, Minggu (18/11/2018).

Dia melanjutkan, tahun ini jumlah orang miskin menurun sebanyak 1,82 juta jiwa. Penurunan orang miskin terbanyak berada di desa.


"Yang membanggakan tahun ini terjadi penurun 1,82 juta orang miskin, tapi penurunan kemiskinan di desa lebih jauh dari di kota. Di kota 580 ribu orang, penurunan kemiskinan desa 1,2 juta orang atau dua kali lipat penurunan kemiskinan di desa," paparnya.

Selain itu, potensi angka anak stunting juga menurun. Dia mengatakan, sebelumnya angka stunting sebanyak 37,2% saat ini menurun ke 30,8%.

"Memang 30,8% tinggi, tapi kalau fase kita dipertahankan Indonesia dalam waktu 10 tahun tidak akan menderita stunting di desa," ungkapnya.


Eko melanjutkan, dana desa juga mendorong pendapatan per kapita di desa. Dia mengatakan, pendapatan per kapita saat ini telah mencapai Rp 804 ribu per bulan per orang.

"Pendapatan per kapita 2014 di desa Rp 574 ribu per orang per bulan, tahun ini pendapatannya naik Rp 804 ribu per orang per bulan, atau kenaikan hampir 50%. Kalau ini bisa dipertahankan dalam waktu 6 tahun ke depan pendapatan per kapita desa lebih Rp 2 juta walaupun kecil tapi penduduk desa 150 juta orang," tutupnya


Tonton juga 'Mendes Buka-bukaan Kasus Korupsi Dana Desa':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed