Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Nov 2018 18:03 WIB

Apa Kabar Proyek Jalur Ganda Kereta Maja-Rangkasbitung?

Saifan Zaking - detikFinance
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan proyek padat karya tunai di stasiun Citeras. Kunjungan Budi juga memastikan kesiapan dan perkembangan jalur ganda kereta dari Maja ke Rangkasbitung.

Kedatangan Budi Karya ke stasiun Citeras yaitu untuk memastikan proyek berjalan lancar serta melihat perkembangan jalur ganda.

"Saya memang ingin memastikan bahwa proyek kita untuk memperpanjang, jadinya Maja ini akan sampai Rangkasbitung, banyak upaya yang kita lakukan pertama kali adalah bagaimana ini menjadi double track," jelas Budi Karya (18/11/2018).



Saat ini, jalur kereta Maja ke Rangkasbitung masih single track. Jalur ganda bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas penumpang lebih dari biasanya.

"Double track itu membawa manfaat kapasitasnya naik dua kali lipat dari 32 (perjalanan) ke 64," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti mengatakan, pihaknya siap untuk melayani lonjakan penumpang bila jalur ganda rampung. Rencananya, jallur ganda ini akan beroperasi awal 2019.

"Di 2019 diperkirakan, awal 2019 karena untuk tanah abang dengan kondisi jalan semuanya dari rangkas ke tanah abang kami juga perlu memperbesar kapasitas yang di tanah abang karena masih dua jalur," tuturnya.

Dari sisi stasiun juga saat ini beberapa tengah diperbarharui. "Kemudian dari sisi persinyalannya sekarang masih blok tertutup, jadi masih antar petak, jari nanti diharapkan itu menjadi blok terbuka sehingga kapasitasnya juga nanti akan lebih besar," katanya.


Tonton juga 'Hasil Rapat 3 Menteri: Seluruh Proyek Jalan Layang Dihentikan Dulu':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed