Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Nov 2018 11:28 WIB

Amitabh Bachchan Lunasi Utang Petani Rp 7,5 Miliar

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Artis serta produser ternama Bollywood Amitabh Bachchan dikabarkan melunasi utang para petani senilai lebih dari 40 juta rupee atau sekitar US$ 500.000 (Rp 7,5 miliar/kurs Rp 15.000).

Hal itu diungkapkannya dalam blog pribadinya. Dalam blognya, dia mengungkapkan telah membantu 1.398 petani dengan membayarkan utangnya. Para petani itu berasal dari negara bagian utara Uttar Pradesh, di mana dirinya dilahirkan.

Puluhan ribu petani di India memang memiliki masalah dengan utang. Selama beberapa dekade terakhir, industri pertanian telah dihantam oleh kekeringan, menipisnya air, produktivitas menurun, hingga kurangnya modernisasi.

Karena kesulitan tersebut, bunuh diri menjadi pilihan para pekerja di sektor pertanian. Karena masalah itu pula, tercatat setidaknya sudah ada 300 ribu petani yang bunuh diri sejak 1995.

Amitabh Bachchan, yang berusia 76 tahun merupakan salah satu aktor paling terkenal di India. Dia melunasi pinjaman petani yang terutang kepada Bank of India milik pemerintah. Dia mengatakan bahwa dia telah membayar pinjaman petani senilai lebih dari 40 juta rupee.


"Saya berharap tentu saja memberikan yang terbaik kepada orang-orang ini, mengkonfirmasi bahwa pinjaman mereka telah dilunasi, secara pribadi," tulis Bachchan.

Karena sulit untuk membawa semua petani ke kota Mumbai untuk bertemu dengannya, akhirnya dia memesan kereta untuk membawa 70 dari mereka untuk bertemu dengannya untuk memberikan dokumen bank. Para petani itu diperkirakan tiba pada 26 November.

Awal tahun ini, Amitabh Bachchan membayar pinjaman dari 350 petani dari negara bagian Maharashtra di Mumbai. Ribuan petani di negara bagian itu melakukan protes besar-besaran tahun lalu menuntut keringanan pinjaman dan harga tanaman yang lebih baik.

Aktor veteran tersebut sejatinya pernah terlibat dalam kontroversi masalah lahan pertanian. Pada tahun 2007, pengadilan memutuskan bahwa tanah seluas 90.000 kaki persegi telah diberikan secara ilegal kepadanya.

Amitabh Bachchan sendiri telah berakting di lebih dari 190 film, dan juga telah membintangi film-film Hollywood dalam beberapa tahun terakhir.




Tonton juga 'Bill Gates Lunasi Utang Nigeria ke Jepang Rp 950 M':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed