Benarkah Black Friday Hari Terbaik untuk Berbelanja di AS?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 23 Nov 2018 14:15 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Black Friday adalah hari pesta belanja terbesar di Amerika Serikat (AS) dalam setahun. Di Black Friday, orang-orang bisa mendapatkan tawaran harga super miring untuk produk-produk seperti pakaian, kecantikan dan komestik, mainan, laptop, hingga peralatan rumah tangga dan alat dapur.

Namun, dengan harga-harga miring yang ditawarkan, benarkah Black Friday adalah hari terbaik untuk berbelanja?

Lindsay Sakraida, direktur pemasaran konten untuk Dealnews, sebuah situs web perbandingan belanja mengatakan hal tersebut belum tentu.

"secara teknis, hari Thanksgiving sebenarnya lebih baik daripada Black Friday (untuk berbelanja," katanya, seperti dikutip dari CNBC.com, Jumat (23/11/2018).

Tak hanya itu, dia bilang Cyber Monday juga merupakan pesaing yang kuat. Namun memang bukan berarti Anda harus melupakan Black Friday sama sekali.

"Black Friday masih sangat kuat, tetapi banyak transaksi besar akan diluncurkan pada Hari Thanksgiving," sambungnya.

Hal tersebut terkonfirmasi saat Dealnews mendapatkan laporan dari hasil informasi penawaran belanja yang dikumpulkan.

"Meskipun kami memposting sebagian besar penawaran pada Black Friday pada tahun 2017, baik Thanksgiving dan Cyber Monday menampilkan lebih banyak penawaran pilihan terbaik," katanya.

Bahkan ada lebih banyak toko yang menawarkan harga miring sebelum Thanksgiving.



Black Friday sendiri menjadi hari terbaik untuk membeli barang-barang seperti produk dapur, pakaian, alat kecantikan, mainan, hingga laptop.

"Tetapi jika Anda mencari sebagian besar jenis elektronik, Thanksgiving cenderung memiliki tawaran yang lebih baik. Kami memprediksi hari Thanksgiving memiliki penawaran terbaik untuk smartphone, speaker, headphone tablet, dan video game pada tahun 2018," kata Lindsay.

"Dan jika Anda ingin membeli televisi atau memesan tiket liburan Anda berikutnya, Cyber Monday mungkin adalah waktu terbaik untuk berbelanja," lanjutnya.

Apakah Anda ingin berbelanja pada hari Thanksgiving, Black Friday atau Cyber Monday, Anda tentu harus sudah punya rencana yang jitu guna menghindari pengeluaran berlebihan.

Hindari juga pembelian impulsif. Itu adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan konsumen selama akhir pekan Black Friday.

Jika Anda menemukan diskon untuk sesuatu yang Anda rencanakan untuk dibeli, bagus, tetapi tahan godaan untuk membeli barang hanya karena sedang diobral.

"Alasan Black Friday ada adalah untuk mempengaruhi Anda dengan harga yang benar-benar murah, dengan harga terendah, harapannya Anda bisa dengan bebas berbelanja apapun. Untuk itu, berusaha menghindari godaan menjadi penting," pungkasnya.




Tonton juga 'Kalap Belanja Ala New Yorker saat Diskon Gede di Black Friday':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)