Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Nov 2018 12:53 WIB

Singapura Jajaki Investasi di Aerocity Bandara Kertajati

Mochamad Solehudin - detikFinance
Bandar Kertajati/Foto: Istimewa/BIJB Bandar Kertajati/Foto: Istimewa/BIJB
Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menawarkan peluang investasi di kawasan aerocity, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kabupaten Majalengka kepada para pelaku usaha di luar negeri.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengaku, pada Selasa (26/11/2018) kemarin pihaknya bertemu dengan PT Surbana Jurong & Enterprise Singapore perusahaan konsultas internasional, di Gedung Sate. Dalam pertemuan itu pihaknya menawarkan beberapa peluang kerja sama.


"Mereka datang untuk menjajaki potensi kerja sama terutama terkait smart city dengan Jawa Barat," kata Iwa, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (27/11/2018).

Selain membahas kerja sama yang bersifat kemitraan antara Singapura dan Jabar, pihaknya juga menawarkan peluang investasi di kawasan aerocity BIJB. Perusahaan asal Singapura itu menurutnya cukup tertarik menggarap beberapa proyek di Jabar.

"Mereka minat menggarap LRT Bandung Raya, SPAM Jatigede dan aerocity BIJB," katanya.


Iwa menyatakan, perusahaan yang juga menggarap masterplan TOD Walini proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan membahas lanjutan terkait rencana investasi tersebut. "Karena ini sifatnya baru penjajakan. Peluangnya terbuka di sana," ucap dia.

Iwa menambahkan, perusahaan tersebut juga mengaku bisa menarik mitra investor berikut mitra finansial dari Singapura untuk masuk kawasan komersil aerocity.

"Ini baru tahapan minat, jadi memang perlu pertemuan lanjutan," ujarnya.


Sebelumnya, seusai dilantik di Gedung Sate, Bupati Majalengka Karna Sobahi menyatakan telah mengeluarkan izin prinsip untuk lahan aerocity seluas 1.000 hektar dari 3.500 hektar yang rencananya dibangun BIJB dan mitra bisnis.

"Izin prinsip 1.000 hektar dulu (statusnya) sudah celar. Sebagian belum dibebaskan. Tapi yang sudah fix itu baru 1.000 hektar," ujarnya.


Tonton juga 'Dirikan Bioskop Rakyat, Sekda DKI: Investasi Jangan Sampai Gagal':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed