Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Des 2018 19:29 WIB

Instruksi Jokowi soal Uang Rp 70 Triliun yang Tak Dibelanjakan

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan ada puluhan triliunan uang belanja kementerian yang tidak terealisasi. Hal ini terungkap dari hasil evaluasi 10 tahunan.

Sri Mulyani juga mengaku sudah melaporkan hasil evaluasi tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Supaya para menteri mengetahui bagaimana kita menggunakan APBN secara baik atau tidak," kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018).


Dia menyebut, puluhan triliun anggaran belanja yang tidak terserap ini berasal dari belanja pegawai yang dirata-ratakan hanya mampu terealisasi 95,6%. Jika dihitung dari 2013-2017 ada sekitar Rp 9,9 triliun yang tidak terbelanjakan.

Lalu, untuk belanja barang rata-rata realisasi penyerapannya selama 10 tahun terakhir sebesar 86,4%, itu artinya ada sekitar Rp 31 triliun yang tidak terbelanjakan.

Sedangkan belanja modal, rata-rata penyerapannya sebesar 84,4% atau masih ada Rp 32 triliun yang tidak terbelanjakan.

"Jadi saya mau membuat angka satu dekade supaya kementerian lembaga memiliki pemahaman kemampuan belanja mereka," ujar dia.


Usai melapor ke Presiden Jokowi, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa orang nomor satu di Indonesia ini meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga (K/L) melakukan evaluasi yang detail mengenai rencana kerjanya masing-masing.

"Karena kalau ditotal jumlah anggaran yang tidak terbelanjakan mencapai lebih dari Rp 70 triliun per tahun," kata Sri Mulyani.

"Ini instruksi bapak presiden terhadap semuanya karena sudah nggak perlu dibahas lagi, karena itu sudah menunjukkan angka selama 10 tahun terakhir bahwa kondisi masing-masing kementerian lembaga yang seperti itu," tambahnya. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed