Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Des 2018 21:15 WIB

Yakin Ekonomi Lebih Baik, Bos Bank Mandiri: Rupiah Menguat

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta - Perekonomian Indonesia akan membaik mulai akhir tahun 2018. Ekonomi Indonesia akan lebih baik dibanding kondisi pertengahan tahun.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, membaiknya kondisi ekonomi ini tampak dari sejumlah indikator. Di antaranya menguatnya rupiah dan adanya aliran modal masuk.


"Beberapa minggu terakhir kita merasakan penguatan rupiah cukup signifikan selama sebulan 6,3% paling kuat emerging market, penguatan saham, inflow di bonds menunjukkan confidence market terhadap Indonesia meningkat lagi," kata Kartika dalam acara Indonesia's Market Potential and Global Economic Growth 2019, di Jakarta, Rabu (5/12/2018)

Kartika mengatakan, sekitar 6 bulan lalu bertemu dengan sejumlah investor dan analis. Mereka, katanya, melihat Indonesia tak jauh berbeda risikonya dengan Argentina, Turki, Brazil, dan lain-lain.

"Tapi beberapa waktu terakhir kalau kami bertemu investor maupun analis ini mereka mulai, bahwa Indonesia melihat ekonomi lebih resilience dan merupakan emerging market yang less furnarable terhadap perubahan ekonomi global," ujarnya.


Dengan kondisi ini, Kartika berharap ekonomi Indonesia akan membaik di akhir tahun. Kemudian, menjadi optimisme di tahun depan.

"Dan ini terasa sebulan terakhir portofolio inflow terutama bonds dan equity mulai masuk cukup signifikan, ini harapan bahwa kita mengakhiri 2018 dengan catatan yang baik kalau dibandingkan waktu kita pertengahan tahun, cukup banyak concern pada waktu rupiah Rp 15.200 dan melihat ini satu angka yang mungkin tidak terkendali," ujarnya.


"Saya sempat diinterview sama Bloomberg, saya bilang akhir tahun bisa menguat Rp 14.000 nggak percaya Bloomberg. Ternyata cukup benar kembali Rp 14.000 ini moga-moga menunjukan bahwa kita 2019 memasuki dengan optimisme baik dan keyakinan lebih baik," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed