Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Des 2018 22:39 WIB

Anggaran Beasiswa LPDP Naik Jadi Rp 55 Triliun

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Dok. internet Foto: Dok. internet
Nusa Dua - Pemerintah mengalokasikan anggaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebesar Rp 55 triliun. Dengan penambahan anggaran ini LPDP menjadi lebih leluasa menyalurkan beasiswa.

"Untuk LPDP ada tambahan anggaran baru 2019 penambahan anggaran ke LPDP bisa sampai Rp 20 triliun, jadi totalnya Rp 55 triliun," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat memberikan pemaparan dalam acara Press Tour 2018 di Nusa Dua, Bali, Rabu (5/12/2018).


Ia menjelaskan Kementerian Keuangan sudah memberikan anggaran di sektor pendidikan. Dana pendidikan diberikan di 2019 yaitu sekitar Rp 492,5 triliun, naik dari 2018 yang hanya Rp 435 triliun.

"Satu komitmen kita yakni mengalokasikan dana di bidang pendidikan 20% yang di 2019 sejumlah Rp 492,5 triliun, atau naik dari tahun 2018 yang sebesar Rp 435 triliun," kata Askolani.


Ia menjelaskan LPDP memiliki tiga program beasiswa yang dibiayai oleh APBN, yaitu beasiswa pendidikan Indonesia, riset pendidikan Indonesia, dan rehabilitasi fasilitas pendidikan.

"Tahun depan kami juga akan menyediakan dana abadi untuk riset, sebab riset jadi modal untuk bisa melakukan peningkatan SDM," jelas Askolani.

Dia menambahkan mengenai kuota beasiswa lainnya, ada beasiswa di jalur afirmasi dengan alokasi dana khusus yaitu RP 6 triliun. Kemudian ada pula vokasi dengan total anggaran di tahun depan mencapai Rp 17 triliun.


Anggaran di program vokasi naik dari tahun ini yang hanya Rp 10 triliun.

"Dilanjutkan program afirmasi dimana presiden meminta kepada Kementerian PUPR agar dilakukan percepatan perbaikan sekolah dan universitas dengan alokasi khusus lebih dari Rp 6 triliun yang saat ini ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempercepat pembangunan sekolah. Presiden ingin masif agar cepat selesai," jelas dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed