Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Des 2018 12:55 WIB

Sekarang Keliling Jateng, Yogya hingga Solo Cukup Pakai 1 Kereta

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Dok PT KAI Daop 5 Purwokerto Foto: Dok PT KAI Daop 5 Purwokerto
Jakarta - Kali ini masyarakat yang ingin keliling Yogyakarta, Wates, Purwokerto, Bumiayu sampai Solo, hanya perlu menggunakan Kereta Api (KA) Joglosemarkerto connecting Central Java.

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto menjelaskan, perkembangan mobilisasi masyarakat di wilayah Purwokerto, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Prupuk serta Tegal yang sangat pesat membutuhkan transportasi, cepat, tepat waktu serta bebas kemacetan untuk menuju kota-kota lain di Jawa Tengah seperti ke Pekalongan, Semarang, Solo serta Yogyakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, PT KAI Daop 5 Purwokerto membuat KA Joglosemarkerto yang memiliki rute di kota-kota di Jawa Tengah dan DIY.

"KA Joglosemarkerto ini melewati banyak kota-kota di Jawa Tengah serta Yogyakarta PP. Selama ini sebenarnya sudah ada perjalanan KA-KA yang menghubungkan kota-kota tersebut, namun masih memerlukan perpindahan antar KA. Dengan KA Joglosemarkerto ini penumpung hanya naik satu KA tidak perlu ganti KA lain dan sudah bisa keliling Jateng dan DIY," kata dia awal Desember lalu.


KA Joglosemarkarto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang Tawang-Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta-Solo-Semarang Tawang.

Selain itu, perubahan perpanjangan relasi juga dilakukan pada KA Joglokerto yang semula beroperasi dari Purwosari menuju Purwokerto PP, diteruskan relasinya hingga Semarang-Solo-Yogyakarta.

Peluncuran perdana perjalanan KA Joglosemarkerto sendiri sudah dilaksanakan pada Sabtu (1/12/2018) dengan 3 KA yang akan diberangkatkan sesuai jadwal dari Stasiun Purwokerto, Semarang Tawang dan Solo Balapan. Dalam perjalanannya, KA Joglosemarkerto menggunakan rangkaian 2 kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan 7 kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk.

"Untuk Tarif KA Joglosemarkerto kelas eksekutif mulai dari Rp 40.000 sampai dengan Rp 390.000 sedangkan ekonomi mulai Rp 30.000 hingga Rp 260.000 tergantung jarak yang ditempuh," jelas dia.


Tiket kereta bisa dipesan melalui channel eksternal penjualan tiket KA maupun lewat aplikasi 'KAI Access' dari HP android. Dengan dibukanya relasi baru KA Joglosemarkarto yang memberikan pilihan konektivitas tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya, maka diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut.


Tonton juga ' PT KAI Luncurkan KA Joglosemarkerto ':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com